Wednesday, February 8, 2017

95 Hektar Lahan Padi di Bojonegoro,Terserang Wereng Batang Coklat

    Wednesday, February 08, 2017  

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com -  Memasuki panen raya untuk tanaman padi diwilayah Bojonegoro yang berlangsung pada bulan kedua sampai tiga musim tanam, hingga saat ini wilayah Bojonegoro memiliki 2840 hektar lahan tanam padi yang akan panen. Namun, pada musim panen raya tahun ini  tanaman padi milik petani terancam serangan wereng batang coklat.

Menurut Pudji Harto Koordinator Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro mengungkapkan  dari awal Januari 2017 hingga sekarang, tercatat  sebanyak 95 hektar lahan padi terserang hama dan  515 hektar lahan terancam terserang wereng batang coklat. Rabu (8/2/17).

“Sebanyak 95 hektar lahan padi terserang wereng batang coklat dan hampir menyebar di seluruh wilayah Bojonegoro,”Ungkapnya.

Banyaknya serangan hama wereng yang merusak produktivitas tanam petani disebabkan oleh faktor cuaca dan pola tanam yang tak sesuai sehingga dapat memicu perkembangan hama.

“Langkah awal dengan sosialisasi mengendalikan hama serta melakukan penyemprotan disetiap desa,”Tambah penyuluh pertanian. (Lin/Red)

No comments:
Write comments