Saturday, February 18, 2017

Ada Panen Raya, Tim Serbu Gabah Akan Beli Padi Milik Petani

    Saturday, February 18, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Tim gabungan dari Dinas pertanian Bojonegoro, Badan urusan logistik (Bulog) Sub Drive III Bojonegoro, Dinas Perdagangan Bojonegoro, dan TNI, pada pertengahan Februari 2017 ini bakal melakukan sergab (serbu gabah) di wilayah yang tengah panen raya padi. Program ini bakal dilaksanakan selama dua minggu yang dimulai pada Selasa (21/02/2017) mendatang.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro Jupari mengatakan, tim gabungan ini nanti akan mendatangi para petani yang sedang panen raya, lalu membeli gabah mereka secara langsung.

"Sergab ini adalah program yang diadakan oleh Dinas Pertanian yang bekerjasama dengan Bulog, Dinas Perdagangan dan TNI," katanya saat ditemui di depan kantor PKK Bojonegoro, kompleks Pemkab Bojonegoro, Jum'at (17/2/17).

Kata Jupari, program ini dilaksanakan untuk menambah persediaan komoditas gabah di gudang milik Bulog. Memanfaatkan momen panen raya di hampir seluruh wilayah Kabupaten Bojonegoro. Tujuannya adalah menambah stok Bulog.

Dalam sehari, lanjutnya, ditargetkan ada 4 kecamatan yang nantinya didatangi oleh tim gabungan. "Mereka akan membeli secara langsung gabah basah yang usai dipanen oleh para petani," ujarnya.

Harga gabah, tentunya sesuai Harga Eceran Terendah (HET), untuk kualitas 1 akan dibeli dengan harga Rp 3.700 per kilogram. Kualitas ll Rp 3.500 per kilogram. Sedangkan, untuk kualitas paling rendah akan dihargai dengan Rp 3.300 per kilogram. (Wan/Red).

No comments:
Write comments