Saturday, February 11, 2017

Akibat Sering Mengamuk, Pria Ini Dipasung Keluarganya

    Saturday, February 11, 2017  

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com -  Karena sering mengamuk dan dianggap membahayakan warga yang lain,  seorang pria bernama Lustamto warga Dusun Palangan RT.01/02,  Desa Besah, Kecamatan Kasiman dipasung oleh keluarganya. Sabtu (11/2/17).

Mendapati laporan bahwa salah satu warganya yang karena sering mengamuk, Aiptu Sutrisno Bhabinkamtibmas Desa Besah Kecamatan Kasiman mendatangi keluarganya untuk dimediasi.

Bersama Kepala Puskesmas Kasiman dr. Sulistyanto dan Kasun Palangan Desa Besah, Aiptu Sutrisno memeriksa kondisi kesehatan kepada Lustamto. Dari hasil pemeriksaan oleh medis, didapati Lustamto terkena gangguan jiwa, sehingga oleh petugas diberikan obat penenang agar tidak mengamuk kembali.

“Hasil medis, Lustmato dinyatakan gangguan jiwa dan diberikan obat penenang”, ucap Aiptu Sutrisno.

Dari keterangan keluarganya, Aiptu Sutrisno mengatakan bahwa Lustamto oleh keluarnya telah dipasung dengan mengikatkan kaki Lustamto di tiang rumahnya menggunakan besi rantai. Menurut keluarga juga, Lustamto sering
mengamuk terhadap orang-orang disekitarnya, termasuk orang-orang yang  lewat di depan rumahnya.

“Lustamto sering mengamuk jika melihat orang yang lewat di depan rumahnya”, kata Aiptu Sutrisno.

Kepada keluarganya, Aiptu Sutrisno memberikan pesan agar keluarga tetap memperlakukan Lustamto layaknya anggota keluarga lainnya yang normal dengan tetap memberikan makan makanan yang layak serta memperhatikan kebersihan badan Lustamto dan menyarankan keluarga untuk tidak dipasung kakinya.

“Sebisa mungkin kita perlakukan seperti orang normal lainnya”, pesan Aiptu Sutrisno. (ney/lis)

No comments:
Write comments