Wednesday, February 1, 2017

Awal Tahun 2017 Belum Ada Permohonan Rekom Tambang

    Wednesday, February 01, 2017  

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Diawal tahun 2017 ini, belum satupun lembaga berbadan hukum yang mengajukan permohonan rekomendasi Bupati terkait ijin operasi pertambangan di wilayah hukum Bojonegoro.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Kasubag ESDM dan Lingkungan Hidup, Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Sekretaris Daerah Bojonegoro, Dadang Aris, dikantornya. Rabu (1/2/2017) siang. Dadang sapaanya mengatakan, memasuki awal tahun 2017, belum ada pemohon yang mengajukan rekomendasi Bupati terkait itu.

"Untuk awal tahun ini belum ada yang mengajukan rekom," katanya.

Rekom Bupati tersebut menjadi salah satu syarat administrasi yang selanjutnya bakal disampikan ke P2T dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur.

Sebelum Bupati mengeluarkan rekom, lanjutnya, tim teknis pertambangan di Kabupaten Bojonegoro mengkaji terlebih dahulu beberapa aspek, seperti aspek lokasi, aspek sosial, dan aspek ekonomi.

Ia mencontohkan, dengan luasan lahan tambang yang disampaikan oleh pemohon, tidak serta merta disetujiui begitu saja. Tim teknis inilah nanti yang mengkaji.

"Hasil dari tim teknis ini nanti tidak serta merta mengabulkan semua spek pemohon, karena ada beberapa pertimbangan," jelasnya.

Sesuai Keputusan Bupati Bojonegoro nomer 188/284/KEP/412.11/2016, tim teknis rekomendasi pertambangan Kabupaten Bojonegoro diketuai oleh Asisten Bagian Pemerintahan Skreataris Daerah dibantu oleh beberapa SKPD terkait, seperti Bagian SDA Pemkab, Bappeda, Dinas PU, Dinas Lingkungan Hidup. (Wan/Red).

Foto : salah satu Tambang di Bojonegoro

No comments:
Write comments