Monday, February 6, 2017

Awal Tahun, Dinsos Bojonegoro Dampingi 10 Anak Jalanan

    Monday, February 06, 2017  

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Awal tahun 2017, Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro mencatat telah merehabilitasi 10 anak jalanan (Anjal) yang didapati berkeliaran tanpa aturan disekitar jalan protokol Kota Bojonegoro.

Rata-rata, anak jalanan yang menjalani pendampingan dari Dinsos Bojonegoro merupakan anak asli Bojonegoro. Tak jarang dari luar kota.

Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro, Dwi Harningsih mengatakan, anak jalanan di Bojonegoro rata-rata masih duduk dibangku sekolah SMP/SMA/Sederajat. Berbagai faktor yang melatarbelakangi sikap anjal dilakukan.

"Mereka ada yang faktor Ekonomi, faktor Sosial (Keluarga) dan Karakter sejak lahir (Nakal/susah merubah pola pikir)," katanya menjelaskan. Senin (6/2/2017).

Pihaknya menambahkan, sebelum melakukan pendampingan, Dinsos menampung para Anjal di gedung Rehabilitasi (Eks Kantor Arsip Bojonegoro) jalan Basuki Rahmat Bojonegoro.

"Kalau masih sekolah kita koordinasi dengan Diknas. Kalau masih punya orangtua kita panggil dan dihantar sampai rumahnya," tambahnya.

Tak jarang pula didapati anjal yang mempunyai sikap sangat nakal. Dinilai oleh Dinsos hal tersebut perlu pendampingan dan perubahan karakter secara inten.

"Kalau nakal banget kita kirim ke pantiasuhan yang ada di Sugihwaras. Disana diberi pelajaran mengaji, bertani dan lain," ujarnya. (Wan/Red).


Foto Ilustrasi: anak jalanan yang diamankan Polisi

No comments:
Write comments