Sunday, February 12, 2017

Bangun Karakter, Siswa-siswi MI Abu Darrin Rutin Sholat Dhuha

    Sunday, February 12, 2017  

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Bertempat di Masjid Assalafiyah, siswa- siswi dan para guru sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Abu Darrin Kendal Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro rutin menggelar sholat dhuha sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut. Minggu (12/2/17).

Kegiatan yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 itu diharapkan, dengan mengikuti Sholat Dhuha di sekolahan secara rutin, para siswa akan terbiasa melakukan sholat dhuha sendiri, baik di di madrasah maupun di rumah.

Hal tersebut diharapkan sebab, selama ini siswa sudah mendapat pengetahuan tata cara melakukan sholat Dhuha dan juga sudah terbiasa melakukanya setiap hari Sabtu dan Minggu di sekolahan.

Kepala Sekolah MI Abu Darrin M Alfi Hudaya, S.Pd.i M.Pd menjelaskan, memberi pelajaran sholat dhuha sejak dini dapat melatih siswa agar terbiasa melakukan sholat dhuha sendiri, degan mengikuti sholat dhuha di madrasah. Kemudian, para siswa akan terbiasa melakukan sholat dhuha sendiri di rumah.

"Kalau siswa sudah terbiasa melaksanakan sholat sunnah maka dalam melaksanakan sholat wajib pun akan terasa ringan," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, sholat dhuha dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam mentaati kewajiban yang berawal dari pembelajaran di sekolahan.

Rutinitas Sholat dhuha di sekolah tersebut di laksanakan pada pukul 07.00 WIB, sehingga siswa dituntun untuk masuk sekolah lebih pagi, guna mengikuti kegiatan sholat dhuha.

"Hal itu untuk memupuk kesadaran siswa akan salah satu kewajiban dari sekolah yang harus ditaati, yang mana hal ini untuk meningkatkan kedisplinan siswa," tambahnya.

Adapun Imam dalam sholat dhuha ini adalah para guru sekolah setempat, yang mana setiap minggunya selalu bergantian sesuai jadwal yang dibuat. Selesai sholat dhuha dilakukan, pembacaan doa yang di pimpin oleh imam. (Wan/Lis).

No comments:
Write comments