Tuesday, February 7, 2017

Butuh Tanggul, Warga Kadungrejo Sambat Kuswiyanto

    Tuesday, February 07, 2017  

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com -  Langganan banjir bahkan longsor selalu mengancam sebagian warga Desa Kadungrejo, Kecamatan Baureno, pasalnya ada  beberapa rumah warga berada tepat ditepi Bengawan Solo sepanjang 150 M yang sampai hari ini kondisinya semakin memprihatinkan.
"Dulu sudah ada sekitar 10 rumah warga yang telah direlokasi karena terdampak longsor, ini beberapa bekas pondasi rumah masih ada, bahkan bekas jalan pavingpun masih ada," terang Bambang Suwanto Kades Kadungrejo.

Aspirasi yang disampaikan warga, semuanya menghendaki adanya tanggul dan klip adalah cara paling tepat untuk mengatasi masalah banjir Kadungrejo, " Kami berharap Kang Kus bisa membawa usulan kami untuk terealisasinya tanggul dan klip sepanjang 150 M ke Jakarta, dan kita semua akan terus berikhtiar," do'a Mbah Samidi Bibeh warga setempat.

Dalam kunjungannya di wilayah Kecamatan Baureno, Kuswiyanto yang Anggota Komisi VIII DPR RI ini menyempatkan meninjau lokasi yang selalu menjadi langganan banjir dan longsor ini.

Dari jaring aspirasi yang dilakukan bersama warga Kadungrejo, masalah yang paling berat dihadapi adalah banjir, karena imbasnya sangat besar mulai dari longsor, kerugian material bangunan, ketidaknyamanan hingga gagal panen.

Sesuai dengan bidangnya di Komisi VIII yakni Kebencanaan Nasional yang bermitra dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kuswiyanto akan berjuang semaksimal mungkin memberikan masukan pada mitra kerjanya di pusat hingga daerah.

"Banjir Bengawan Solo dan dampaknya adalah bencana nasional, sehingga digauli, harus diatasi secara terintegrasi, berkelanjutan yang melibatkan semua pihak, baik pusat maupun daerah, dari hulu hingga hilir, sehingga bukan saja tanggungjawab parsial masing-masing daerah yang tentu butuh keseriusan bersama," jelas  sahabat Kang Yoto ini.

Untuk gagal panen beliau menyarankan agar petani mulai mengikuti Asuransi pertanian sesuai program Bupati Bojonegoro.

Sementara Lasuri, Komisi 8 DPRD yang juga medampingi kunjungan beliau berharap masyarakat setempat agar selalu tegar dan terus bersemangat dalam menghadapi banjir tahunan ini.

 "Semoga kunjungan Kang Kuswiyanto ini akan memberikan manfaat bagi warga Desa, karena beliau adalah wakil kita dipusat, sehingga apa yang kita keluhkan bersama akan disampaikan disana" harap pria yang juga asli Baureno ini.(Lin/Lis)

No comments:
Write comments