Thursday, February 2, 2017

Catatan Kelam Kebakaran Bojonegoro, Awal Tahun Ini Tafsir Kerugian Kebakaran 556 Juta Rupiah

    Thursday, February 02, 2017  

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com -  Banyaknya kebakaran yang sering terjadi di Bojonegoro,  dari tahun ketahun menjadi catatan kelam yang harus diwaspadai agar kedepannya tidak terjadi lagi. Dari awal Januari 2017  telah tercatat 6 kecamatan di wilayah Bojonegoro  mengalami kerugian akibat kebakaran. 6 kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Bojonegoro,  Kalitidu,  Ngasem,  Baureno,  Sumberrejo dan Kanor.

Berdasarkan data dari Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR)  Bojonegoro berikut ini kejadian bencana kebakaran rumah di Bojonegoro pada tahun 2017, Pada tanggal 4 Januari 2017 terjadi kebakaran rumah milik Endang Susilowati warga desa Kauman,  Bojonegoro dengan total kerugian 100 juta rupiah dan pada tanggal sama 1 rumah milik Suwartin warga Desa Kauman, Kecamatan Bojonegoro kota ludes terbakar dengan total kerugian 50 juta rupiah.

Sementara, tanggal 19 Januari 2017 pasar Bojonegoro terbakar dengan kerugian nihil.
Tanggal 4 Januari 2017  warung makan milik Marniasih warga desa Mojosari,  Kecamatan Kalitidu terbakar, kemudian 8 Januari 2017 tepatnya di desa Ngasem,  Kecamatan Ngasem Kantin SMPN 1 Ngasem milik Isti terbakar dengan total kerugian 25 juta rupiah.

Selanjutnya,  di Desa Ngrandu,  Kecamatan Baureno pada tanggal 15 Januari 2017, rumah milik Srini terbakar dan di desa Sumuragung, kecamatan Sumberrejo sebuah tempat usaha mebel dan show room may jaya milik H. Sahroni terbakar dengan kerugian 300 juta rupiah. Pada tanggal 22 Januari 2017 didesa Samberan,  Kecamatan Kanor kebakaran kembali terjadi di dapur dan kandang sapi milik Ahmad Latin dengan kerugian 5juta rupiah.

Menurut Sukirno Kasi Operasi Pemadaman Dinas DAMKAR Bojonegoro bahwa faktor dominan penyebab kebakaran pada tahun ini didominasi oleh keapian yang berasal dari kompor,  obat nyamuk,  lilin dan listrik sementara, tahun 2016 lalu penyebab kebakaran didominasi oleh konsleting listrik. Kamis (2/2/17).

“Total kerugian akibat kebakaran di 6 Kecamatan secara keseluruhan pada awal 2017 adalah 556.500.000 dan faktor penyebab utama didominasi oleh keapian, “Ungkap Sukirno.

Sementara,  menangani bencana kebakaran tersebut dikerahkan 15 unit mobil Damkar serta personil damkar yang siap siaga menangani kebakaran.

“Kalau tahun lalu kebakaran terjadi di 19 Kecamatan dan 41 Desa di Bojonegoro,  dengan 46 kejadian,”Tambahnya (Lin/Red)


Foto: Foto Salah Satu Kebakaran 

No comments:
Write comments