Friday, February 17, 2017

Dampak Gempa Wonocolo Bagi Masyarakat

    Friday, February 17, 2017  

Reporter Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com -  Pergerakan tanah yang terjadi di daerah Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Bojonegoro pada Kamis (16/2/17) membawa dampak yang memprihatinkan bagi warga sekitar, berdasarkan pantauan suarabojonegoro.com dilapangan bahwa permasalahan yang dihadapi penduduk setempat pasca gempa tersebut antara lain penduduk terdampak tidak memiliki tanah alternatif untuk relokasi,selain itu juga berdampak bagi sektor pertanian karena lahan pertanian rusak akibat longsor sehingga  mata pencaharian warga terancam.

Dampak tersebut juga diungkapkan oleh Andik Sujarwo Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro saat dikonfirmasi suarabojonegoro.com hari ini Jumat (18/2/17).

“Aktivitas masyarakat  di sekitar lokasi yang hanya sekedar melihat lihat hendaknya perlu dibatasi guna menghindari bahaya,”Ungkap Andik.

Masih Menurut Andik bahwa relokasi membutuhkan biaya yang relatif besar, pasalnya terdapat ancaman banjir karena sungai tertutup material longsoran.
Untuk itu, sebagai langkah menindaklanjuti kondisi tersebut maka diambil langkah Pemdes melalui APBDes dapat memanfaatkan pos dana tanggap bencana atau tukar guling tanah warga dengan perhutani.

Dinas terkait memprogramkan kegiatan pelatihan vocational bagi KK terdampak bencana sebagai sumber mata pencaharian pengganti. Serta pengamanan lokasi longsor dan pembatasan aktivitas.

”BPBD akan mengusulkan santunan  untuk biaya relokasi dan kekurangannya dapat dibantu APBDes/stake holder lainnya,”Tambahnya.

Sementara, pengosongan lokasi dapat menghindari ancaman bahaya banjir yang dapat terjadi sewaktu waktu apabila hujan turun dengan intensitas deras. Selain itu,terdapat warga terdampak yang rentan (hamil, lansia) sehingga perlu penanganan bidang kesehatan secara berkala.(Lin/Red)

No comments:
Write comments