Sunday, February 5, 2017

Di Kandang Sapi, Kuswiyanto Serap Aspirasi dan Belajar

    Sunday, February 05, 2017  

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com -  Siapa tak kenal Kusnan, peternak sapi terkenal dari Desa Klepek Kecamatan Sukosewu ini. Mulai 2009 telah banyak menjuarai kontes sapi tingkat daerah dan nasional sehingga sapi-sapinya menjadi langganan Bupati, Gubernur bahkan Presiden untuk moment Qurban tahunan.

Dalam kunjungan kerjanya di Bojonegoro, Kuswiyanto Anggota DPR RI Komisi VIII ini sengaja ingin belajar dan mendengarkan keluh kesah peternak sapi di Kandang milik Kusnan.

Didampingi Ketua DPRD Bojonegoro Suyuthi dan Komisi D DPRD Lasuri, Bersama warga setempat Kusnan bercerita bagaimana merawat sapi-sapinya dengan hati, memberi makan dengan pola tepat, ukuran dan waktu hingga  komposisi bahan makanannya, sehingga telah banyak yang belajar dikandang miliknya mulai dari wilayah jawa hingga luar jawa.

Tapi yang dikeluhkan hari ini adalah murahnya harga sapi meski harga daging sapi relatif setabil.

Menurut Kuswiyanto problem besar pertanian dan peternakan itu karena kartel-kartel yg membuat harga sapi turun, sehingga Presiden ingin mewujudkan Kedaulatan pangan pertanian dan peternakan dari dalam negeri.

"Oleh karenanya peternak harus mulai modern Bagaimana memanfaatkan kotoran untuk pupuk organik, untuk biogas yang manfaatnya tentu lebih besar seperti masak dan listrik," jelasnya.

Disamping jihad dalam peternakan dan pertanian menuju masyarakat Bojonegoro yang lebih hebat.

Sementara Lasuri Komisi B yang membidangi Peternakan menjelaskan bahwa Kabupaten telah mendirikan Puskeswan disemua kecamatan, Puskeling ternak. Namun karena imbas import, harga sapi terus turun meski harga daging tetap tinggi.

"Ini adalah wujud perhatian pemkab terhadap peternak Bojonegoro, sehingga harapanya bagamana Kang Kus yang menjadi wakil kita dipusat bisa ikut menekan kebijakan import sapi yang masih terus ada," Terang Lasuri.(Lin/Lis)

No comments:
Write comments