Tuesday, February 28, 2017

Diduga Ngangkut Kayu Ilegal, Pria Ini Diamankan Polhut

    Tuesday, February 28, 2017  

Reporter: Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com -  Anggota Polhut (Polisi Hutan) dan Pabin Jaga Wana mengetahui seorang pria yang diduga sedang membawa kayu jati ilegal dengan menggunakan truck,  mengetahui kejadian tersebut pihak Polmobhut dan Pabin langsung menangkap pria yang berinisial DS tersebut.

Seperti disampaikan oleh Sofiudin Nurmansyah Selaku Waka ADM Perhutani Bojonegoro bahwa dari hasil penangkapan tersebut,   sejumlah kayu kayu jati yang sudah diolah dalam bentuk papan dan persegi dapat diamankan.

"Kejadian tersebut terjadi pada Senin (27/2/17) sekitar pukul 19.30 WIB dengan diwarnai baku aksi kejar mengejar hingga ke wilayah Nganjuk," Kata Sofiudin Nurmansyah. Selasa (28/2/17).

Disampaikan juga oleh Waka ADM Perhutani Bojonegoro bahwa bahwa kayu jati yang diangkut dengan menggunakan truk belum diketahui secara pasti apakah itu kayu ilegal atau bukan, dan jumlahnya masih belum ada laporan.

“Kita belum mengetahui apakah itu kayu ilegal. Kita baru menduga dan yang bersangkutan sedang ditangani pihak kepolisian,” Ungkap Waka ADM Perhutani Bojonegoro kepada suarabojonegoro.com.

Pihaknya menambahkan bahwa hari ini sedang dilakukan perhitungan dan lacak balak terhadap jumlah kayu yang diangkut.

“Jumlahnya saya belum mendapat laporan pastinya. Tadi sedang dilakukan penghitungan dan lacak balak dan saya belum mendapat laporan,”Tambahnya.

Proses penangkapan semalam ditangani oleh polsek Gondang dan selanjutnya diserahkan kepihak kepolisian untuk ditindak lanjuti.

Masih menurut Waka ADM Perhutani bahwa pelaku saat penangkapan membawa surat dan plat nomer, namun surat tersebut tidak sesuai peraturan menteri lingkungan hidup dan kehutanan RI Nomor P.85/MENLHK/SETJEN/KUM.1/11/2016 tentang pengangkutan hukum hutan kayu budidaya yang berasal dari hutan Hak.

“Kalau semalam di polsek Gondang, Karena yang bersangkutan diduga oknum anggota maka semua proses kita serahkan di pihak kepolisian,” Pungkas Sofiudin. (Lin/Red)

Foto Ilustrasi Papan kayu jati

No comments:
Write comments