Thursday, February 23, 2017

EMCL Serahkan Bantuan Bangunan di 4 Desa di Kecamatan Ngasem

    Thursday, February 23, 2017  

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menyerahterimakan bantuan pembangunan infrastruktur untuk desa Bareng, Jampet, Wadang dan Jelu Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro, pada Kamis (23/2/17). Infrastruktur berupa perbaikan jalan, paving, dan lapangan bola voli itu dikerjakan oleh masyarakat yang didampingi oleh LSM Ademos sejak Oktober 2016.

"Februari ini sudah selesai semua dengan laporan pertanggungjawaban tim pelaksana desa," ujar pendamping Ademos, Endra Mugi Rahayu di Balai Desa Bareng.

Menurut pria yang biasa disapa Mugi ini, dalam program infrastruktur tersebut, bantuan tidak hanya berupa pembangunan fisik, namun juga pemberdayaan masyarakat sekaligus peningkatan kapasitas warga desa. Warga yang tergabung dalam Tim Pelaksana (Timlak) mendapat pelatihan laporan keuangan dan pembuatan rancangan anggaran.

"Juga diharapkan bisa meningkatkan rasa kebersamaan dan gotongroyong," imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan EMCL Slamet Rijadi mengatakan, serahterima kali ini merupakan bagian dari program pengembangan infrastruktur yang dilakukan di beberapa desa. Tahun ini, kata dia, EMCL bersama 11 mitra Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) telah mengerjakan 57 pembangunan fisik di 49 desa di Bojonegoro dan Tuban.

"Program ini merupakan komitmen EMCL bersama pemerintah dalam peningkatan taraf hidup masyarakat," katanya.

Menurut Slamet, bangunan hanya sarana untuk mempermudah berbagai kegiatan. Pembangunan jalan, jembatan, dan lain-lain adalah untuk memudahkan akses. Balai Desa, gedung karangtaruna, aula desa, dan bangunan lainnya juga fasilitas untuk meningkatkan kemudahan berbagai aktivitas keseharian.

"Jadi tujuan utamanya bukan bangunan itu sendiri, tapi lebih daripada itu," ungkap Slamet memotivasi warga. (Wan/Lis).

No comments:
Write comments