Monday, February 20, 2017

Fauna Elite, Kutut Putih Surung Derajat

    Monday, February 20, 2017  

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com -  Indonesia menyimpan fauna yang beranekaragam, salah satunya kutut putih surung derajat yang tergolong unik dan langka karena menyimpan seribu mitos yang sebagian orang mempercayainya.

Kutut tersebut merupakan salah satu koleksi baru milik Mr.Ary pengusaha muda yang memiliki aset di Bojonegoro. Konon, burung ini  digunakan sebagai sarana ritual para pejabat, sebab dapat meningkatkan kewibawaan bagi pemiliknya.

Selain itu, surung derajat juga tak dapat dijumpai di pasaran karena disetiap sisi tubuhnya memiliki emas murni yang menempel menghiasi anggota badan kutut tersebut yang menurut cerita tempelan emas ini asli dari alam. Minggu (19/2/17).

“Warna putih pada kutut lebih unik dan beda dibanding kutut biasa karena mitosnya dapat meningkatkan wibawa bagi pemiliknya,”Ungkap Mr.Ary kolektor kutut langka.

Putih surung derajat juga memiliki ciri khas yakni warna putih di tubuh dan ekor semua berwarna hitam, sesuai dengan cerita perkutut lokal tersebut tak jauh dari mitos ataupun legenda pada zaman kerajaan Majapahit.

Keunikan serta kelangkaan yang dimiliki kutut putih surung derajat tersebut membuat  fauna jenis ini bernilai ratusan juta rupiah, maka jangan heran hanya orang-orang berkantong tebal yang berani memeliharanya.

“Kutut  putih surung derajat saya dapat di sekitaran daerah Sumedang, Jawa Barat,” Ungkap Mr.Ary saat di konfirmasi via WhattApp. (Lin/Red)

No comments:
Write comments