Monday, February 6, 2017

Hanya Dengan Satu Tangan, Pria Ini Mampu Menghidupi Anggota Keluarganya

    Monday, February 06, 2017  

Reporter : Lina Nur Hidayah


suarabojonegoro.com -  Keterbatasan fisik tak menyurutkan semangat Darwoto warga desa Dander,  Kecamatan Dander,  Bojonegoro untuk mencari nafkah demi istri dan anaknya. Meski sudah digariskan hidup hanya dengan satu tangan, Darwoto tak pernah putus asa dan malu,  bahkan berkat kegigihannya,  Ia mampu menghidupi anggota keluarganya yang berjumlah lima orang,  yakni ibu,  adik,  istri dan seorang anaknya.

Demi menghidupi keluarganya,  Darwoto mengadukan nasibnya sehari-hari dengan bekerja menjahit dirumahnya. Meski dengan satu tangan namun tanpa rasa canggung semua jahitan ini dapat Ia atasi dalam waktu singkat.

Sebagaimana tukang jahit dengan kondisi normal pada umumnya,  Darwoto juga menerima pesanan jahitan dari tetangga kanan dan kiri. Hal yang tak lazim ini terpaksa harus digelutinya demi keberlangsungan hidup keluarganya. Sebab keterbatasan kondisi fisiknya tersebut,  Darwoto mengaku tidak dapat mengerjakan pekerjaan lain.

Darwoto mengaku karena minimnya pelanggan yang datang kepadanya, maka hasil dari upah menjahit ini hanya cukup untuk kebutuhan makan sehari-hari saja. Sehingga dari upah menjahit tersebut nyaris tidak ada sisanya untuk ditabung. Senin (6/2/17).

“Sekarang ini jahitan sepi jadi ya hasilnya hanya untuk kebutuhan makan saja,  belum bisa menabung, “Ucap Darwoto.

Sementara,  minimnya peluang pekerjaan dengan SDM yang dimilikinya,  adik dan ibu Darwoto tak memiliki pekerjaan tetap dan banyak menganggur dirumah. Kalaupun ada pekerjaan untuk ibu dan adiknya hanya bekerja sebagai buruh tani diladang ataupun sawah milik tetangganya.

Sedangkan istri Darwoto,  juga memiliki kondisi fisik serupa dengannya. Hanya memiliki satu tangan saja,  sehingga dengan kondisi tersebut tak banyak yang mampu Ia kerjakan. (Lin/Red)

No comments:
Write comments