Monday, February 20, 2017

Jalan Arah Proyek AKN Rusak, Warga Geram Tanami Jalan dengan Pohon Pisang

    Monday, February 20, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Jalan menuju proyek pembangunan kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bojonegoro yang berada di Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro mengalami kerusakan yang cukup memprihatinkan. Pasalnya, selain faktor tingginya curah hujan lokal yang terjadi akhir-akhir ini juga ditengarai banyaknya kendaraan roda empat dengan muatan lebih yang lalu lalang untuk kepentingan proyek.

Jalan yang sebelumnya dibangun menggunakan aspal itu rusak berat. Banyak yang berlubang disertai kubangan air disepanjang jalan yang berada di salah satu dusun desa setempat. Dusun Kedungrejo merupakan salah satu dusun di Desa Ngumpakdalem yang kini tengah dibangun suatu kampus rintisan Politeknik Negeri Malang.

Pagi ini, Senin (20/2/17) kegeraman warga setempat memuncak. Setelah semalam (Minggu, 19/2/17) bergotong royong menanami jalan yang berlubang menggunakan pohon pisang, pisang-pisang tersebut ditebang dan dirobohkan dengan begitu saja. Warga mengaku tak tahu siapa yang melakukanya. Warga menduga pendukung proyek yang melakukanya.

"Pendukungnya itu orang-orang lokal yang dipekerjakan jadi karyawan di proyek," kata salah satu warga setempat, Anam.

Anam mengatakan, Intinya sebagian warga Kedungrejo tidak terima jalan rusak akibat adanya proyek, terus membuat aksi tanam pohon di jalan.  "Eh malah diduga pisang iku di rusak karo pekerja proyek. Kasus itu di Dusun Kedungrejo Desa Ngumpakdalem," papar Pemuda setempat itu.

Lanjut Anam, Pemerintah Desa selama ini tidak ada respon terhadap keluhan-keluhan warga terkait rusaknya jalan tersebut. "Sudah pernah melayangkan surat, tapi gak di tanggepi. Pak kades menghindar katanya hari Sabtu ada perbaikan tapi sampai sekarang tidak ada tanggapan apa-apa," keluhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Kabupaten Bojonegoro, Andi Tjandra saat dikonfirmasi oleh suarabojonegoro.com terkait percepatan pembangunan jalan tersebut mengatakan, terkait pembangunan jalan yang menuju proyek kampus AKN semua diserahkan Pemerintah Desa setempat. Beberapa waktu lalu telah diadakan pertemuan dan ada kesepakatan.

"Lho kan sudah ada pertemuan dan kesepakatan. Coba tanya pak kades aja dulu," katanya. (Wan/Red).

No comments:
Write comments