Sunday, February 19, 2017

Kange Yune Kunjungi Potensi Desa Wisata Mojodeso

    Sunday, February 19, 2017  

Reporter : Bima Rahmat


suarabojonegoro.com -  Guna menigkatkan potensi wisata di Desa Mojodeso Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, hari ini Dinas Kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro dengan menggandeng Paguyuban Kange dan Yune  untuk berkunjung dan menikmati kekayaan dan keanekaragaman yang di miliki di Desa ini. Minggu (19/02/17).

Dimulai dari Balai Desa Mojodeso rombongan Paguban Kange dan Yune mengunjungi pusat kerajinan daur ulang limbah yang di kelola hingga menjadi produk yang berkualitas dan bernilai tinggi, tidak hanya itu mereka nampak antusias belajar bagaimana caranya mengelola dan membuat kerajinan.

"Disini para pengunjung dapat belajar bagaimana cara mengelola bahan-bahan yang tak terpakai hingga menjadi kerajinan yang bernilai jual tinggi", ujar warsiman selaku kepala Desa Mojodeso saat di temui media suarabojonegoro.com.

Selain itu Paguyuban Kange dan Yune ini berkesempatan untuk berkunjung disalah satu pusat pembuatan Biopori, dan wisata Kecek di sawah serta menikmati es dawet ilat bajul yang merupakan minuman khas Desa Mojodeso ini.

"Di Desa Mojodeso ini mempunyai makanan dan minuman khas yakni ilat bajul, yang terbuat dari tanaman lidah buaya dan daun kelor", tambahnya.

Sementara itu Diah Enggarini Mukti SE, MM Selaku Kasi Bidang Sumber Daya Manusia Pariwisata menyatakan bahwa, hal ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi-potensi dan kebudayaan khas Desa Mojodeso ini. Dirinya juga menambahkan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro sengaja menggandeng Paguyuban Kange dan Yune ini tidak lain adalah sebagai pembelajaran dan sekaligus menigkatkan Sumber Daya Manusia, sehingga nantinya mereka dapat mempromosikan potensi-potensi Desa yang ada di Bojonegoro.

"Kami memang sengaja menggandeng Paguyuban Kange dan Yune ini dengan harapan setelah pulang dari sini mereka mampu mempromosikan potensi-potensi wisata yang ada di Bojonegoro", jelasnya.

Memang perkembangan Desa Mojodeso sela ini patut di acungi jempol, paslnya Desa ini banyak sekali mendapatkan prestasi, yakni salah satunya adalah Desa terbersih, Sehat se-jawa timur yang diraih pada awal tahun baru lalu.

Diakhir kegiatan pada hari ini para kange dan yune disuguhi beberapa kesenian khas Mojodoso yakni barong singo dan naga yang menjadi kesenian ikon Desa ini. (Bim/red).

No comments:
Write comments