Sunday, February 5, 2017

Kapolres Bojonegoro: Jangan Pernah Kirim Berita Hoak!

    Sunday, February 05, 2017  

Reporter : Bima Rahmat
suarabojonegoro.com -  Kabar ataupun berita bohong (Hoax) yang belakangan ini meluas melalui media sosial membuat pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Dungmas menggelar Deklarasi Pelajar Anti Hoax, Sabtu 04 Januari 2017.
Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro SH, SIK, MSi yang hadir dalam kegiatan itu memberikan sambutan dan meminta kepada pelajar dan masyarakat apabila mendapat pesan atau berita yang belum tentu kebenarannya agar tidak langsung menyebarkan.
Menurut Kapolres, berita itu harus ada penulisnya, masyarakat harus benar-benar tahu informasi atau berita apa yang diterima, termasuk juga sumber dan keabsahan berita itu sendiri.
“Kita harus tahu sumber berita yang kita baca, dan verifikasi sumber berita dengan media online yang resmi lainnya karena media sosial bisa saja digunakan sebagai alat politik/kampanye yang berpihak kepada salah satu calon tertentu,” tutur AKBP Wahyu S Bintoro
Kapolres menegaskan, Kepada para pelajar dan masyarakat agar tidak serta merta mengirimkan kabar bohong (hoax), atau sekadar iseng mengirimkan berita hoax, karena pelaku penyebar hoax bisa terancam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang-Undang ITE.
Kepada para pelajar, Kapolres juga meminta untuk hati-hati dengan orang yang baru dikenal, karena semenjak dirinya menjadi Kapolres Bojonegoro sudah banyak terjadi kasus penculikan dan pencabulan anak dibawah umur dan para pelakunya sudah diproses sesuai aturan hukum.
Seiring maraknya peredaran narkoba, Kapolres juga mengajak kepada undangan yang hadir agar menjadi mintra kamtibmas bersama-sama memberantas penyebaran dan penyalahgunaan narkoba.
Kegiatan di Pondok Pesantren Darussalam Dungmas yang dihadiri oleh Dandim 0813 Bojonegoro, Danramil Sumberjo, Kapolsek Sumberjo, IPNU dan IPPNU Kabupaten Bojonegoro bukan hanya Deklarasi Pelajar Anti Hoax saja, namun juga dilaksanakan Rapimcab I PC IPNU – IPPNU Kabupaten Bojonegoro.
Setelah menghadiri Deklarasi Pelajar Anti Hoax dan Rapimcab I PC IPNU – IPPNU Kabupaten Bojonegoro, Kapolres juga menyempatkan diri untuk mengecek rumah ibu Atun Bunyija Susila Fitri di Dukuh Sadangkidul Desa Butoh Rt 11 Rw 05 Kecamatan Sumberrejo yang menerima bantuan bedah rumah dari beliau. (bim/lis)

No comments:
Write comments