Monday, February 6, 2017

Komisi A Datangi Kemenkeu RI, Tanyakan Status Tanah Eks Jalur Jereta Api Bojonegoro - Tuban

    Monday, February 06, 2017  

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Hari ini, Senin (6/2/2017) Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro mendatangi Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI) untuk menanyakan status tanah bekas jalur rel kereta api Bojonegoro-Jatirogo (Tuban). Kunjungan kerja (Kunker) tersebut juga untuk mengawal adanya aduan warga yang sudah menghuni disepanjang tanah bekas jalur rel kereta api tersebut.

"Hari ini Komisi A datangi Dirjen Kekayaan Negara Kementrian Keuangan RI. Kita ingin mengetahui kejelasan status tanah itu bekas jalur Rel Kereta Api Bojonegoro-Jatirogo," kata wakil Ketua Komisi A Anam Warsito.

Sebelumnya, dalam hearing di gedung DPRD pada bulan Januari lalu, puluhan warga, Desa Sukorejo Kecamatan Kota Bojonegoro meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk menunjukkan bukti kepemilikan tanah tersebut.

Hal itu dinilai penting dikarenakan beberapa waktu lalu PT KAI Daops 8 Surabaya telah melakukan sosialisasi kepada warga untuk pembuatan kontrak baru penyewaan lahan milik PT KAI tersebut. Warga meminta kejelasan status kepemilikan tanah sebelum nanti diberikan kontrak sewa. Namun warga menolak untuk membayar sewa jika memang benar jalur rel itu akan kembali diaktifkan.

Selain itu masyarakat juga merasa resah karena adanya rencana pengaktifan kembali jalur rel kereta Bojonegoro-Jatirogo. (Wan/Red).

No comments:
Write comments