Monday, February 20, 2017

Longsor Langganan di Kecamatan Ngambon

    Monday, February 20, 2017  

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com -  Hujan Deras yang mengguyur kecamatan Ngambon, tepatnya
di dusun Kalongan, Desa Karangmangu Rt 10, Rw 03 Kecamatan Ngambon, Bojonegoro menyebabkan wilayah tersebut longsor.

Kejadian bencana tanah longsor ini berada di area bantaran sungai kali Gandong dengan panjang 100 meter, tinggi 12 meter mendekati rumah penduduk dan mengancam perumahan warga setempat.

Perumahan penduduk yang terdampak longsor antara lain kediaman Pasri (65), Lasiran (50), rumah milik Sanaji (48) dan Kartono (60) tahun, dan rumah warga tersebut sampai saat ini belum pindah
Menurut Muridan Camat Ngambon bahwa jarak longsor dari tebing sungai kali Gandong dengan tinggi sekitar 12  meter. Senin (20/2/17).

“Faktor utama penyebab longsor  ini adalah hujan deras tadi malam, langkah darurat kerja bakti pengurukan, menutup tanah yang retak, memperkuat tebing trucuk bongkotan atau bambu dan menghimbau agar warga yang terdampak segera pindah,”Ungkap camat Ngambon.

Sementara, pernyataan serupa juga disampaikan oleh Kapten Inf. Mas’ud Komandan Rayon Militer (Danramil Ngambon) mengungkapkan bahwa akibat sering terjadinya tanah longsor tiap tahun mengakibatkan sebagian warga yang berada di lokasi tersebut sudah berpindah tempat.

Adapun warga yang sudah pindah diantaranya  Diran (50), Lasto Utomo (50) dan Kartono (60) dan tak ada korban jiwa dalam bencana longsor tersebut.

“Langkah yang diambil muspika Ngambon bersama kades merencanakan dan mengajak warga masyarakat desa karang mangu untuk melaksanakan karya bakti memasang patok bambu dan menanam pohon di lokasi,”Tambah Danramil Ngambon. (Lin/Red)

No comments:
Write comments