Friday, February 10, 2017

LPM gelar seminar untuk Kuatkan Kelembagaan BPD

    Friday, February 10, 2017  

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com-  Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam membangun desa harus ditingkatkan sehingga Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Indonesia mengadakan seminar di aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bojonegoro, Kamis (9/2/2017)bdengan mengundang perwakilan Badan Pemberdayaan Desa (BPD) di Kabupaten Bojonegoro.

Melalui seminar bertema 'penguatan kelembagaan BPD di era otonomi desa', dihadiri kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bojonegoro, Djumari, wakil ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro, Anam Warsito dan Fitra Jawa Timur, Dahlan.

Direktur LPM Indonesia, Dian Widodo menjelaskan, kegiatan ini diadakan untuk menjawab kegundahan BPD agar lebih mengetahui hak dan kewajibannya.

"Sehingga BPD mewujudkan pemerintah desa good and clean. Dalam forum ini kita belajar bersama agar meningkatkan kapasitas," jelasnya.

Selain itu, menurut Dian kegiatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan kwalitas BPD dalam mengemban tugas dan fungsi, mengetahuo hak dan kewajiban serta teridentifikasi tata kelola pelaksanaan.

Sementara itu, wakil ketua komisi A DPRD Bojonegoro, Anam Warsito menyampaikan jika tugas dan kewenangan BPD harus maksimal dibarengi dengan kwalitas SDM yang mumpuni sehingga tidak ada tekanan politik Pemdes yang sengaja mengkerdilkan tugas BPD.

"Minimnya anggaran operasional BPD, kami siap mengawal untuk ada peningkatan dan mengawal anggaran pelatihan untuk meningkatkan kapasitas BPD," tambahnya. (ney/red)

No comments:
Write comments