Sunday, February 5, 2017

Masih Banyak Petani Yang Belum Tahu Asuransi Pertanian

    Sunday, February 05, 2017  

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com -  Perkembangan trend Tinggi Muka Air Sungai Bengawan Solo yang stabil dan cenderung naik, Bupati Bojonegoro Yang akrab dengan panggilan Kang Yoto, Sabtu (4/2) siang melakukan pemantauan daerah terdampak banjir akibat meluapnya sungai terpanjang dipulau jawa ini.

Dengan hanya didampingi ajudan dan patwal Satpol PP serta sejumlah media, Pria kelahiran Bakung Kecamatan Kanor ini memulai pantauan banjir di avoer Desa Semanding Kecamatan Kapas.

Ditempat ini Bupati melihat pintu air yang sudah ditutup . Kemudian rombongan menuju desa Bogo Kecamatan Kapas.

Bupati memberikan penjelasan agar warga dan petani tidak memanen dini. "Karena banjir tak sebesar dulu karena diperkirakan puncak banjir tak seperti tahun lalu. Petani dihimbau untuk peka terhadap informasi baik dari radio atau informasi yang disampaikan para perangkat desa," Lanjut Kang Yoto.

Hal lain yang juga disampaikan Bupati kepada para petani adalah agar para petani mengikuti asuransi pertanian. Asuransi ini  tidak mahal hanya 18.000 rupiah untuk setengah hektar, tanaman padi setiap musim tanam.

Dan jika terjadi kerusakan, maka petani akan mendapatkan klaim 3 juta rupiah.  Namun ternyata banyak petani yang tidak mengetahui akan asuransi pertanian ini. Oleh karenanya sosialisasi tentang hal ini untuk diintensifkan mulai kepada petani, kelompok tani dan perangkat desa.

Seusai dari Desa Bogo Kecamatan Kapas Bupati dan rombongan menuju ke Desa Kedungdowo Kecamatan Balen. Ditempat ini Bupati melihat ruas jalan desa yang terendam banjir setinggi lutut orang dewasa ini.

Himbauan lain adalah pasca banjir ini seluruh petani selama sebulan tidak.menanam apapun dilahan mereka. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai perkembangan hama wereng.  Ditambahkan Bupati salah satu faktor mewabahnya hama wereng adalah karena aktifitas tanam padi yang setahun penuh dilakukan oleh petani. (ney/lis)


No comments:
Write comments