Tuesday, February 14, 2017

Memaknai Jer karta Raharja Mawa Karya

    Tuesday, February 14, 2017  

Oleh : Asep Fahza

Didalam logo kabupaten Bojonegoro terdapat tulisan Jer Karta Raharja Mawa Karya, lalu wong Jonegoro atau sebutan untuk masyarakat Bojonegoro kita sudah mengerti apa arti tulisan tersebut sehingga menjadi  semboyan dan ditulis dalam sebuah logo kabupaten Bojonegoro.

Jer Karta Raharja Mawa Karya mengandung makna kiasan bahwa suatu usaha untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat tak pernah kunjung tiba tanpa dibarengi dengan bekerja keras dan bekerja nyata atas dasar pengabdian yang tulus dan ikhlas.

Konsep Anugrah Menjadi Konsep Perjuangan

Dari makna itu kita tahu bahwa konsep  yang dibangun adalah konsep perjuangan bukankonsep anegerah. Kita tahu bahwa Bojonegoro adalah daerah dengan sebutan lumbung pangan dan energi negeri.

Walaupun cadangan minyak dan gas yang ada diBojonegoro cukup banyak, tapi dengan adanya sumber minyak dan gas tidak menjadikan itu sebuah anugerah kemudian pemerintah tergantung pada sumber daya alam yang dianugerahi oleh Tuhan.

Dengan adanya sumber minyak dan gas pemerintah Bojonegoro mengantikan konsep anugerah menjadi konsep perjuangan, seperti kita tahu bahwa sumber daya alam pasti akan habis maka dari itu konsep perjuanglah yang pemerintah usung supaya tidak  tergantung pada sumber daya alam yang ada, tetapi harus bekerja keras serta berkonsep perjuangan sesuai dengan semboyan Jer Karta Raharja Mawa Karya untuk mengelola sumber daya alam yang ada untuk kebutuhan jangka panjang.

Lalu dengan konsep perjuangan, apa ide atau gagasan yang muncul dari pemerintah terkait anugerah sumber minyak dan gas. Masyarakat kembali diajak ber"kir bahwa minyak dan gas tersubut bisa habis pada 2040 nanti.

Ketika dana minyak dan gas digunakan dengan boros serta tidak memikirkan jangka panjang yang akan terjadi adalahkabupaten Bojonegoro akan kembali miskin dengan cadangan minyak dan gasnya.

Oleh sebab itu pemerintah kabupaten bojonegoro muncul program berkonsep perjuangan ialah dana abadi yang kemudian akan digunakan unutuk dana pendidikan.

iniadalah program yang konkret dan semua masyarakat Bojonegoro merasakannya dan kembali lali pemerintah ingin mengajak masyarakat untuk menganut konsep perjuang tidak melulu monsep anugerah.

Jadi benar adanya semboyan yang terdapat pada logo kabupaten Bojonegoro tidak semerta-merta hiasan, tapi dalam kata Jer Karta Raharja mawa karya mengandung arti yang luar biasa, mengajak semua untuk bekerja keras, berkonsep pada perjuangan bukan lagi berkonsep pada anugerah seperti semboyan di beberapa daerah.

Karena jika memakai konsep anugerah, masyarakat Bojonegoro akan menikmatinya dalam jangka pendek saja. Maka diperlukan konsep perjuangan dan konsep perjuagan iniyang diterapkan oleh pemerintah tak lain dan tak bukan adalah konsep yang ada pada tulisan logo kabupaten Bojonegoro yakni Jer Karta Raharja Mawa Karya.

Referensi : buku curse to blessing karya Rhenald Kasali transformasi Bojonegoro melawan kutukan

No comments:
Write comments