Friday, February 3, 2017

Peningkatan Air Sungai Begawan Solo Cepat di Siaga II

    Friday, February 03, 2017  

Reporter : Lina Nur Hidayah


suarabojonegoro.com -  Debit sungai bengawan solo di Kabupaten Bojonegoro,  pada pagi ini Jumat (3/2/17) terjadi peningkatan yang signifikan,  ketinggian permukaan air menyentuh level status siaga dua banjir.

Meskipun air bengawan solo hari ini pasang namun tak menyurutkan niat warga dan pelajar yang berdomisili disekitar bengawan nekat melakukan aktivitasnya dengan menggunakan jasa perahu tradisional untuk menuju kota Bojonegoro.

Warga yang bertempat tinggal di dekat bengawan solo lebih memilih menempuh perjalanan air dengan menyebrangi sungai saat hendak menuju Bojonegoro kota,  sebab jika melalui jalur darat warga harus berjalan memutar dan menghabiskan tiga kali lipat dari waktu tempuh perjalanan air. Seperti yang dialami Hariyadi salah satu warga yang lebih memilih jalur air untuk menuju kota. Jumat (3/2/17).

“Saya lebih memilih jalur air untuk menuju kota karena lebih cepat, “ungkapnya kepada suarabojonegoro.com.

Sementara,  berdasarkan prediksi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Bojonegoro, debit air sungai terpanjang dipulau jawa ini akan terus mengalami peningkatan hingga dua hari kedepan. Puncaknya bengawan Solo akan meluap dan mencapai status siaga kuning atau siaga dua banjir.

Pada level tersebut, diprediksi ratusan rumah warga di dua puluh tiga desa yang berada di sepanjang bantaran sungai bengawan solo akan terendam dan terkena dampak banjir.
Sementara pagi ini,  ketinggian permukaan air bengawan solo telah menyentuh angka tiga belas titik tujuh puluh pielschall atau telah melewati ambang batas satu  dan menuju siaga kuning atau siaga dua banjir.

Untuk itu,  pihaknya menghimbau kepada warga yang bertempat tinggal disekitar bengawan solo agar tetap waspada dan berhati-hati dalam menjalankan aktivitasnya. (Lin/Red)

No comments:
Write comments