Tuesday, February 21, 2017

SDN 2 Sugihwaras Kuasai Jenis Tari Untuk Kembangkan Budaya

    Tuesday, February 21, 2017  

Reporter : Bima Rahmat
Tanggal   : 21 Februari 2017

suarabojonegoro.com-  Seni Tari Oglek adalah merupakan tarian khas dari Jawa Tengah yang mempunyai nilai filosofi yang tinggi pada setiap gerakannya. Selain nampak indah dipandang mata kesenian ini merupakan pitutur bagi setiap penontonnya yakni agar selalu menjaga kesenian tradisional yang merupakan harta karun Negara.

Seperti yang tampak hari ini, sejumlah anak-anak dari Sekolah Dasar Negri 2 Sugihwaras dengan lemah gemulai menarikan tarian Oglek, tarian yang merupakan khas dari Jawa Tengah ini mampu mengundang decak kagum para penonton.

"Tari Oglek ini merupakan tarian khas dari Jawa Tengah", kata Anaris Neny Asmarawati, selaku pelatih dan sekaligus guru ini.

Dirinya juga menuturkan bahwa anak-anak SDN Sugihwaras 2, ini juga sudah banyak menguasai jenis-jenis tarian khas dari berbagai daerah di antaranya adalah, Tari Bambangan Cakil, Wercita, Tari Bangau, Tari Kalongking dan masih banyak lagi. Ia menjelaskan bahwa untuk mempelajari tari ini cukup mudah asalkan ada niat semua bisa di pelajari.

"Untuk mempelajari kesenian tari itu cukup mudah asalkan ada niat", tuturnya.

Tidak hanya untuk menjaga kelestarian budaya Bangsa anak-anak ini juga mampu menorehkan prestasi di berbagai perlombaan diantaranya adalah, Pentas Seni 17 Agustus Sekecamatan Sugihwaras serta Juara 1 di peringatan HUT RI, penyambutan kunjungan kerja Setyo Hartono di Kecamatan Sugihwaras.

"Walaupun masih hanya di tingkat lokal saja tapi kedepan kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menorehkan prestasi yang lebih baik lagi",  tambahnya.

Guru muda ini berharap agar kedepan tari tradisional ini mendapatkan perhatian khusus sebab sangat disayangkan apabila kesenian tradisional harus musnah dari negri sendiri, pasalnya tidak dipungkiri banyak anak-anak muda dijaman sekarang yang gandrung pada kesenian luar negri.

"Karena dijaman sekarang banyak anak muda yang gandrung pada seni moderen seperti Dance dan lain-lain", pungkasnya. (Bim/red).

No comments:
Write comments