Monday, February 13, 2017

Semua TK dan SD Harus Siap Menerima Siswa Berkebutuhan Khusus

    Monday, February 13, 2017  

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com-  Pendidikan merupakan Hak Dasar setiap warga negara Indonesia. Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dinas Pendidikan Bojonegoro memberikan tanggapan serius atas hal tersebut. Pasalnya, sekolah dasar (SD) di Bojonegoro harus tanpa membeda-bedakan anak yang berasal dari latar suku, kondisi sosial, kemampuan ekonomi, politik, keluarga, bahasa, geografis (keterpencilan) tempat tinggal, jenis kelamin, agama, dan perbedaan kondisi fisik atau mental (Pendidikan Inklunsif).

Kepala Bidang TK/SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Chumaidi mengatakan, saat ini sekolah-sekolah TK maupun SD di Bojonegoro diharuskan siap menerima semua siswa yang mempunyai kebutuhan khusus (Difabel).

"Itu hak dasar, semua sekolah tidak boleh menolak, khusunya.TK dan SD," katanya saat ditemui diruang kerjanya. Senin (12/2/17).

Hal tersebut penting, lanjutnya, sebab secara sikologi percampuran siswa khusus dan umum itu menjadi salah satu langkah percepatan perubahan sikap para siswa yang berkebutuhan khusus. "Secara sikologi percampuran itu baik," ujarnya.

Ia mencontohkan, anak autis (over) sebenarnya pintar, namun masih butuh pendampingan khusus. "Satu guru satu siswa yang mempunyai kebutuhan khusus," jelasnya.

Diharapkan, dengan metode tersebut jumlah anak yang berkebutuhan khusus di Bojonegoro harus berkurang. "Kita harus melayani anak-anak itu," pungkasnya. (Wan/Red).


Foto: ilustrasi. Net

No comments:
Write comments