Sunday, February 12, 2017

Tempat Hits di Bojonegoro Versi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

    Sunday, February 12, 2017  

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Kabupaten Bojonegoro dikenal memiliki berbagai wisata alam dan wisata buatanya. Berbagai destinasi wisata menjadi andalan Pemkab dalam mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten yang juga dikenal memiliki kekayaan alam minyak dan gas bumi (Migas) ini. Pemerintah Kabupaten selalu berupaya menggali trobosan-trobosan dibidang wisata, tentunya untuk meningkatkan daya tarik buat pengunjung.

Dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Bojonegoro mencatat, awal tahun 2017 ini dari empat wisata yang selama ini dikelola oleh Pemkab dan Pemerintah Desa mengalami peningkatan. Ada satu tempat dari empat destinasi wisata paling hits (Populer) di Bojonegoro versi Disbudpar dengan indikator banyaknya pengunjung.

Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Industri Wisata Disbudpar Bojonegoro, Suyanto mengatakan, awal tahun 2017 ini dari empat destinasi wisata alam dan buatan di Bojonegoro mengalami peningkatan. Pengunjung masih bertahan memilih tempat wisata buatan untuk melepas penat atau berwisata.

"Sampai dengan sekarang, bulan Februari ini yang paling banyak dikunjungi adalah Dander Park," katanya. Sabtu (11/2/17).

Selanjutnya peningkatan kunjungan disusul wisata kayangan api di Dander, kemudian kebun blimbing di Ngringinrejo dan atas angin di Kecamatan Sekar.

Dari data yang dihimpun oleh suarabojonegoro.com di kantor Disbudpar Bojonegoro menyatakan, di tahun 2015 pengujung mencapai 53.624, di tahun 2016 meningkat sampai 164.151 pengunjung. Peningkatan jumlah pengunjung tersebut membuat Pendapatan Asli Daerah (PAD) meningkat dari tempat lokasi tersebut. Dari tiga lokasi wisata Water Park Dander, Khayangan Api dan Waduk Pacal, Pemkab Bojonegoro bisa memperoleh Rp1,3 miliar.

Berbeda jauh dengan versi Disbudpar, salah satu remaja Bojonegoro, Elisa Widya mengatakan, selain banyaknya pengunjung, tempat Hits di Bojonegoro menurutnya dipengaruhi pada nilai estetikanya (Seni). Remaja saat ini, menurutnya lebih banyak memilih tempat dengan spot yang kekinian, untuk dijadikan latar belakang (Baground) berfoto.

"Menurut saya yang paling Hits di Bojonegoro adalah Taste bites, meskipun harga makan atau minumnya agak sedikit mahal tapi tempatnya nyaman gajadi masalah," kata remaja yang nemiliki hobi endorse ini.

Menurutnya, tempat hits di Bojonegoro rata-rata merupakan tempat nongkrong. "Yang dicari pertama mesti bukan makananya, tapi kenyamanan tempat sama look aroundnya," pungkas Elisa yang juga salah satu Mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta Bojonegoro itu. (Wan/Red).

No comments:
Write comments