Saturday, February 18, 2017

Warga Ledok Wetan Selalu Was-was, Meski Ketinggian Air Bengawan Solo Siaga Satu

    Saturday, February 18, 2017  

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com -  Meskipun ketinggian air bengawan solo pada hari ini Sabtu (18/2/17) masih pada posisi siaga hijau atau siaga satu dengan trend stabil namun sejumlah warga yang tinggal di bantaran sungai bengawan solo bersiap siaga untuk menghadapi kenaikan ketinggian air yang kapan pun bisa terjadi.Salah satu wilayah di Bojonegoro yang rawan banjir diantaranya daerah Ledok wetan, Kecamatan Bojonegoro kota, Kabupaten Bojonegoro yang merupakan daerah langganan banjir, sehingga tak jarang  warga yang tinggal dibantaran tersebut harus merasa was-was terhadap adanya banjir bandang yang akan meredam rumah mereka.


Seperti yang dirasakan Dian atau akrab disapa bang Dian salah satu  warga Ledok Wetan yang tinggal diarea rawan banjir. Menurut Dian saat ini kondisi ketinggian air masih aman-aman saja namun Ia tetap merasa was-was terhadap hujan deras yang terjadi setiap malam.Segala upaya Ia lakukan sebagai bentuk kesiapsiagaannya dalam menghadapi peristiwa banjir.
Seperti memindahkan barang-barang berharga ketempat lebih aman. Kemudian mengosongkan lemari bagian bawah serta memindah barang ke rak atas agar tidak terendam air saat banjir masuk rumah.


Lanjut Dian bahwa menghadapi banjir kali ini Ia juga memindahkan barang elektroniknya  kemeja lebih tinggi serta menitipkan motornya kekerabat dekat atau tetangga yang lokasinya aman dari banjir. Sabtu (18/2/17).


“Hari ini ketinggian air masih stabil namun saya tetap harus memindahkan barang saya ketempat aman sebab bisanya air masuk tiba-tiba,”Ungkap Dian.


Sementara, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro  yang dalam hal ini disampaikan oleh Mz.Budi Mulyono selaku Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bojonegoro ketinggian air bengawan solo menunjuk angka 13.39 Pheilscaal dengan posisi siaga hijau atau siaga satu.(Lin/Red)


Sumber data dari Kantor UPT. PSDA WIL. SUNGAI BGWN SOLO DI   Bojonegoro
Pukul    ,krngko   ,   b.goro
03.00          -            13.40
06.00     25.90          13.39
09.00     25.74          13.39
Situasi dan kondisi Bengawan solo  pada posisi Siaga hijau (siaga I),dengan tren stabil DUMP.

Foto: Dok.  Suara Bojonegoro

No comments:
Write comments