Thursday, March 30, 2017

Cegah Kanker Serviks Wanita, Warga Kedewan Antusias Daftar PAP Smear

    Thursday, March 30, 2017  

Reporter Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com -  Bertempat di puskesmas Kedewan, kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro pada hari ini Kamis (30/3/17) dilaksanakan kegiatan Pap Smear atau tes pemeriksaan keadaan sel-sel pada serviks  (leher rahim) dan vagina sehingga dapat mendeteksi penyakit kanker serviks sejak dini.

Selain itu, rangkaian kegiatan Pap smear yang digelar pagi ini juga dalam rangka kegiatan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Dinas terkait Kecamatan Kedewan.Menurut Sumari Selaku Ketua Tim penggerak PKK kecamatan Kedewan  mengungkapkan bahwa Pap smear yang diselenggarakan di Puskesmas kali ini dtargetkan untuk masyarakat agar warga kedewan dapat mengetahui sejak dini akan adanya penyakit berbahaya seperti kanker serviks dan kanker payudara.

“Kegiatan Pap smear dilaksanakan setahun 2 kali dan hari ini diikuti 5 desa antara lain desa Kedewan, Beji, Hargomulyo, Kawengan dan Wonocolo dengan jumlah pendaftar 53 peserta,”Ungkap Istri Moh Arifin Camat Kedewan.

Pihaknya menambahkan bahwa hingga saat ini kecamatan Kedewan masih belum ditemukan warga yang positif terserang kanker serviks namun melalui kegiatan pap smear ini diharapkan warga dapat memeriksakan diri di puskesmas, terlebih bagi wanita yang memiliki keluhan seperti keputihan, menstruasi tidak teratur dan sakit  perut ataupun keluhan terhadap masalah kewanitaan.

“Untuk Saat ini kecamatan Kedewan belum ada yang terjangkit kanker serviks namun kita sebagai wanita tetap harus waspada apabila memiliki masalah kewanitaan seperti keputihan dan nyeri perut yang berkepanjangan,”Tambahnya.

Sementara itu,  PKK dan Dharma wanita Kedewan pada 3 bulan lalu juga mengadakan kegaitan pap smear yang diikuti sebanyak 25 peserta dengan memperkuat sosialisasi ataupun penyuluhan kesehatan untuk masyarakat tentang bahaya kanker serviks dan penyakit lainnya.

Selain itu, bagi para pendaftar Pap Smear cukup mengisi formulir pendaftaran dan Fotocopy BPJS, KIS, Jamkesmas ataupun Askes guna pelayanan tanpa dipungut biaya. (Lin/Red)

No comments:
Write comments