Tuesday, March 14, 2017

Digruduk Kubu Taslim, Komisi A Bakal Panggil Panpilkades dan Dinas PMD

    Tuesday, March 14, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Menanggapi aspirasi dari puluhan Warga Desa Sumberagung Kecamatan Dander (Pendukung Taslim-Red) terkait putusan panitia penetapan calon kepala desa yang diduga masih ada masalah, Komisi A DPRD Bojonegoro bakal memanggil tim panitia pilkades dan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bojonegoro. Selasa (14/3/17) sore.

Puluhan warga yang merupakan pendukung Taslim yang mengadu ke kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro itu berharap agar panitia pemilihan Kepala Desa Antar Waktu menetapkan surat No 03 tahun 2017 tentang penetapan calon yang berhak dipilih, yakni pada tanggal 07 Maret 2017 sudah menetapkan calon Kepala Desa berdasarkan hasil dari tes yang dilaksanakan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yaitu Sukandar, H Abdul M, dan Taslim HA.

Sebab, saat ada beberapa oknum yang mengaku masyarakat Desa Sumberagung melakukan demo Ke DPMPD,  kemudian dilakukan Rapat dan Panitia mengganti surat nomor 03 tadi menjadi surat baru dengan Nomor 04 tahun 2017 dan penetapan calon yang berhak dipilih dan panitia sepakat hanya calon Salim menggantikan calon yang lama, Taslim, yang awalnya nomor urut 1. Jadinya, no urut 1 adalah Salim, nomor 2 H Abdul Manan, dan nomor urut 3 Sukandar.

Nanik, yang masih keluarga dengan calon Kepala Deda (Taslim) meminta perlindungan atas ketidakadilan atas adanya perubahan SK yang menyatakan bawah Taslim Ashari yang ditetapkan jadi calon kades PAW.

"Awalnya Taslim daftar pakai ijasah SMP, namun saat dilakukan Tes Seleksi Oleh DPMPD, panitia DPMPD mensosialisasikan kepada calon agar membawa dokumen untuk mendukung atau menambah poin. Sehingga saudara Taslim pada saat itu menyerahkan ijasah paket C Setelah itu menjadi permasalahan oleh Calon kades no urut empat (Salim-red)," katanya.

Menanggapi aspirasi tersebut, wakil ketua komisi A DRPD Bojonegoro Anam Warsito mengatakan, memang DPRD sebagai fungsi pengawasan. Dari pendapat ini pihaknya akan memanggil panitia pilkades dan Panitia DPMD untuk dilakukan kroscek.

"Komisi A minta tetap menjaga kondisional di desa Sumberagung agar tetap kondusif dan tidak gaduh," ujarnya usai hearing.

Pihaknya akan menindaklanjuti sesuai surat yang masuk dan akan melakukan kroscek sesuai kondisi yang ada. Pihaknya tidak bisa memutuskan dan akan melakukan kordinasi dengan DPMD dan Panitia Pilkades PAW. "Jika memang tidak sesuai prosedur maka kemungkinan bisa dilakukan pendaftaran Calon Pilkades dari nol," pungkasnya. (Wan/Red).

No comments:
Write comments