Wednesday, March 22, 2017

EMCL Deklarasi Kelompok Rumah Tangga Pilah Sampah dan Pengukuhan Kader PHBS

    Wednesday, March 22, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Operator minyak dan gas bumi Lapangan Banyu Urip,ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama LSM IdFos mendeklarasikan Kelompok Rumah Tangga Pilah Sampah dan Pengukuhan Kader Perilaku Bersih Dan Sehat (PHBS) di Balai Desa Sudu Kecamatan Gayam, pada Rabu (22/3/2017).

Deklarasi diikuti oleh 50 warga dari kelompok rumah tangga pilah sampah, perwakilan masyarakat pilah sampah, Karang Taruna, dan Kader PHBS setempat.

"Kegiatan ini juga sekaligus donasi 100 pasang tempat sampah kepada masyarakat Desa Sudu," ungkap perwakilan EMCL, Beta Wicaksono.

Beta menjelaskan, deklarasi ini merupakan bagian dari Program Aksi Sehat yang sudah berjalan sejak Desember tahun lalu. Menurutnya, pengukuhan Kader PHBS ini juga sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan kepada masyarakat yang telah berusaha melakukan dan selalu mengkampanyekan pilah sampah agar lebih bermanfaat, terutama dari segi ekonomi.

Kepala Desa Sudu, Trikasih dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada EMCL karena memberi kesempatan kepada warga desanya untuk meningkatkan taraf kebersihan lingkungannya. Kata dia, program ini juga tahun lalu sudah dilaksanakan di desanya di dusun yang berbeda.

"Kita harus pegang kepercayaan ini sebagai modal supaya kita semakin maju," ucapnya.

Trikasih berharap, warganya bisa saling mengingatkan untuk kesadaran dalam pola hidup bersih sehingga lingkungan menjadi bersih dan asri. Kades perempuan ini ingin agar desanya menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi warganya.

"Ini rumah kita, kita pula lah yang harus membuatnya indah San nyaman," tuturnya memotivasi.

Sementara itu perwakilan LSM IdFos, Eko Tristiyanto memaparkan bahwa pendampingan program dilakukan dalam beberapa tahapan. Kata dia, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup bersih dan bebas sampah itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Kita lakukan tahapan pemicuan untuk memantik sisi psikologisnya, lalu kita buat deklarasi ini sebagai ikatan janji moral agar melekat dalam kehidupan warga," ulasnya.

Eko mengatakan, EMCL bersama LSM IdFos telah melaksanakan kegiatan yang sama di Desa Gayam, Ngraho, Ngumpak Dalem, dan beberapa kelurahan di kecamatan kota sejak 2013. Lebih dari 700 tempat sampah dan puluhan kendaraan sampah sudah didonasikan, baik langsung ke masyarakat maupun melalui dinas terkait.

"Kita juga menjalankan gerakan mengolah sampah jadi berkah ini di tingkat pelajar," pungkasnya. (Wan/Lis).

No comments:
Write comments