Sunday, March 12, 2017

EMCL Gelar Pelatihan SID Bersama KepalaDesa se Gayam di Batu

    Sunday, March 12, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Operator minyak dan gas bumi Lapangan Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menyelenggarakan lokakarya Sistem Informasi Desa (SID) bersama kepala desa se-Kecamatan Gayam dan Musyawarah Pimpinan Kecamatan setempat di Kusuma Agrowisata Resort & Convention, Kota Batu pada Sabtu (11/3/2017).

Lokakarya juga dihadiri oleh Kapolres dan Komandan District Militer Bojonegoro. "Kegiatan ini merupakan bagian dari program pendampingan penerapan Sistem Informasi Desa di desa-desa sekitar wilayah operasi EMCL," ucap Juru bicara EMCL, Rexy Mawardijaya.

Rexy mengatakan, EMCL mendukung pemerintah dalam mengembangkan sistem pengelolaan data di pemerintahan desa untuk menunjang akuntabilitas dan keterbukaan informasi.

Dalam melaksanakan program ini, kata dia, EMCL bekerjasama dengan LSM IdFos. "Mitra kami telah mendampingi beberapa desa untuk menerapkan sistem informasi dan komunikasi pemerintahan desa," ungkap dia.

Lokakarya diikuti oleh Camat Gayam, Kapolsek Gayam, Kepala Desa Gayam, Mojodelik, Katur, Brabowan, Bonorejo, Beged, Katur, Ringin tunggal, Begadon, Beged, Ngraho, Sudu, Manukan, dan Desa Cengungklung. Hadir juga Asisten II Bidang Ekonomi, Setyo Yuliono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Nurul Azizah, perwakilan SKK Migas Jabanusa, perwakilan Karang taruna Kecamatan Gayam, dan jajaran pimpinan EMCL.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Kodim 0813 Bojonegoro Letkol Inf. Hery Subagyo dan Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu Sri Bintoro memberi sambutan dan pemaparan materi. Kapolres sendiri menyampaikan materi tentang Crime Alarm System (CAS), sebuah sistem pelaporan digital yang digagasnya.

Menurut Kapolres, pelaporan dengan sistem digital akan memudahkan pencarian data file kasus yang dilaporkan mulai dari saat laporan masuk, kemudian semua kegiatan kepolisian semisal pemanggilan, penangkapan, penahanan, pemberian SP2HP dan semua administrasi berita acara semuanya ada di dalam file database program tersebut, sehingga sewaktu-waktu bisa diakses oleh pimpinan secara cepat. (wan/lis)

No comments:
Write comments