Wednesday, March 8, 2017

Gadaikan BPKB, Warga Kecamatan Dander Ini Dilaporkan Tetangganya Sendiri

    Wednesday, March 08, 2017  

Reporter : Nella Rachma


suarabojonegoro.com-  Seorang warga berinisial SRT (44) warga Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro,dilaporkan tetangganya sendiri setelah menipu korban,  dari pengurusan balik nama kendaraan dan kemudian BPKB nya digadaikan oleh Pelaku.

Atas laporan korban tersebut pelaju kemudian ditangkap Unit PPA Sat Reskrim Polres Bojonegoro pada Senin (06/03/2017) sekira pukul 19.30 WIB.

Penangkapan terhadap pelaku yang berinisial SRT (44) berawal dari laporan rekan yang juga tetangganya sendiri, MJK (48), warga Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro.

Menurut keterangan dari Kasat Reskrim Polres Bojonegoro AKP Sujarwanto SH, kronologi pertistiwa berawal pada hari Minggu (25/12/2016) sekira pukul 18.30 WIB, pelapor datang kerumah terlapor untuk menitipkan pengurusan pajak dan balik nama sepeda motor pelapor, yaitu Honda Supra X 125, tahun 2008 warna hitam, nomor polisi S 3585 CE. Saat itu, terlapor menyanggupi untuk menguruskan pajak dan balik nama tersebut dengan biaya Rp 650 ribu dengan janji tiga bulan jadi.

Setelah 3 bulan berlalu, terlapor mengatakan kepada pelapor bahwa balik nama BPKB sepeda motor milik pelapor belum bisa jadi, karena alasan ada kesalahan pada nomor mesin kendaraan.

Pelapor yang merasa tidak percaya berusaha memastikan kebenaran informasi yang disampaikan terlapor dengan mengecek ke Kantor SAMSAT Bojonegoro dan diperoleh keterangan bahwa BPKB sepeda motor tersebut sudah jadi.

"Setelah di kroscek kemudian pelapor menanyakan kepada terlapor, ternyata BPKB tersebut telah digadaikan ke orang lain sebesar Rp 3,5 juta tanpa seijin pelapor dan akhirnya peristiwa itu dilaporkan pada kami," terang Kasat Reskrim.

Menindak lanjuti laporan tersebut, petugas melakukan penyelidikan dan perbuatan terlapor sudah memenuhi unsur pasal penipuan dan atau penggelapan, sehingga segera dilakukan penyelidikan mengenai keberadaan terlapor.

Setelah petugas mengetahui keberadaan terlapor, selanjutnya tim petugas pada Senin (06/03/2017) sekira pukul 19.30 WIB kemarin malam, melakukan penangkapan terhadap terlapor dirumahya.

“Saat ini terlapor diamankan di ruang tahanan Mapolres Bojonegoro, untuk dilakukan proses  penyidikan lebih lanjut.” imbuh AKP Sujarwanto.

Atas perbuatannya, pelaku disangka melanggar Pasal 378 KUHP tentang Penipuan, diancam dengan pidana penjara paling lama 4 tahun dan atau Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan, diancam dengan pidana penjara paling lama 4 tahun. (ney/lis)

No comments:
Write comments