Saturday, March 4, 2017

Gelar Youth Camp 2017, Ademos dan EMCL Gembleng Karang Taruna 8 Desa

    Saturday, March 04, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Operator Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Ltd (EMCL) bekerjasama dengan LSM Ademos melakukan Youth Camp Karang Taruna (Kartar) dari 8 desa jalur pipa proyek Lapangan Banyuurip, Blok Cepu di Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, jum'at-minggu (03-05 Maret 2017).

Kedelapan Kartar tersebut adalah Kartar Desa Jelu, Desa Wadang, Desa Jampet (Kecamatan Ngasem), Desa Sumbertlaseh, Desa Ngulanan (Kecamatan Dander), Desa Wedi, Desa Ngampel (Kecamatan Kapas), dan Desa Leran (Kecamatan Kalitidu) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

"Ademos akan menggembleng 8 Kartar dari 4 kecamatan di gedung PIB Bojonegoro Desa Ringin Tunggal Kecamatan Gayam selama 3 hari," terang manajer program pemberdayan kartar dan obvitnas 2017, M. Suyadi.

Perwakilan EMCL, Ichwan Arifin mengungkapkan, ‎kegiatan tersebut bagian dari rangkaian program pemberdayaan kartar dan obvitnas di Jalur Pipa. EMCL selalu berusaha memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, terutama pemuda-pemuda yang berada pada usia-usia produktif.

"Karena EMCL tahunya adalah dunia eksploitasi dan eksplorasi Migas, maka dari itu EMCL mempercayai Ademos untuk memfasilitasi program ini, karena kami anggap Ademos mempunyai kemampuan dalam melakukannya dan memiliki hubungan yang baik dengan Kartar," tuturnya.

Beliau menambahkan bahwa keberadaan hasil eksploitasi Migas di Bojonegoro sebagian dipergunakan untuk pemberdayaan sumber daya manusia (SDM), seperti yang dilakukan oleh Ademos ini.

Sementara itu, Ketua Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Kabupaten Bojonegoro, Doni Bayu Setiawan, mengatakan bahwa Youth Camp ini sangat bagus bagi perkembangan Karang Taruna.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini maka akan meningkatkan kapasitas Kartar baik dari segi skill maupun juga peningkatan jaringan bagi Karang Taruna," jelas pemuda yang juga menjadi anggota Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro.

Youth camp 2017 ini dibuka oleh perwakilan dari perwakilan dari Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Erfan

Dalam sambutannya, pria yang menjabat seabagi Kabid Bidang (Kabid) Keagamaan dan Organisasi Sosial tersebut berpesan kepada Kartar untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh.

"Adik-adik Kartar yang berkesempatan untuk mengikuti kegiatan ini, agar mengikutinya dengan maksimal, sehingga nanti setelah pelatihan dapat membagi keilmuan yang didapat kepada teman-teman yang lain yang tidak dapat mengikuti kegiatan ini," tuturnya.

Youth camp ini merupakan bagian dari rangkaian tahapan program pemberdayaan kartar dan obvitnas 2017 yang di prakarsai oleh EMCL dan difasilitasi oleh Ademos.

Ketua Ademo, Moh. Kundori menjelaskan bahwa tujuan dari youth camp ini adalah untuk meningkatkan kapasitas Kartar, baik‎ dari sisi organisasi, kepemimpinan, strategi komunikasi dan menggali potensi yang dimiliki oleh desa untuk kemudian dikembangkan.

"Selama tiga hari ini kita akan belajar bersama-sama mengenai organisasi, kepemimpinan, strategi komunikasi dan analisis gali potensi desa," jelasnya. (Wan/Red).

No comments:
Write comments