Monday, March 27, 2017

Mabisaka dan Pimpinan Saka Pramuka Kalpataru Cabang Bojonegoro Resmi Dilantik

    Monday, March 27, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Ketua Kwarcab Bojonegoro Drs.H Hanafi MM mengukuhkan serta melantik Mabisaka dan Pengurus Pimpinan Satuan Karya Pramuka Kalpataru tingkat Cabang binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Bojonegoro Senin (27/3/17) di Taman TPA Banjarsari Bojonegoro.

Prosesi pengukuhan serta pelantikan diawali dengan pengucapan janji Trisatya oleh calon Mabisaka dan Pengurus Pimpinan Saka Kalpataru dan penandatanganan berita acara pengukuhan serta pelantikan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Bojonegoro Dra. Hj Nurul Azizah MM serta Pegawai dilingkungan DLH, Ketua Kwarcab, Pengurus Kwarcab, Mabisaka, Pinsaka, Anggota Saka yang ada di Kwarcab Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bojonegoro Dra.Hj Nurul Azizah MM selaku Ketua Mabisaka mengatakan, Pembentukan Saka Kalpataru bertujuan untuk Memberi wadah Pendidikan dan pembinaan bagi Pramuka PENEGAK dan Pramuka PANDEGA untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, pengalaman dalam bidang pengetahuan dan Teknologi.

"Serta keterampilan khususnya yang berkaitan dengan substansi Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) yang menjadi bekal penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat bangsa dan Negara," katanya saat sambutan.

Untuk tahap awal Saka Kalpataru Meliputi Tiga Krida yaitu, KRIDA 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE), KRIDA Perubahan Iklim dan KRIDA Konservasi Keanekaragaman Hayati.

Mengingat, pada saat ini dibutuhkan Terobosan dan langkah baru untuk Meyelamatkan Lingkungan. Beberapa Program nyata telah disiapkan seperti Pengolahan sampah menjadi Pupuk Organik, Penanaman dan Penghijauan. Beberapa Program diantaranya telah dilakukan dengan bekerja sama berbagai element masyarakat dan dinas terkait, seperti Penhijauan, Pembuatan Pupuk Kompos dan pemanfaatan sampah.

Selain itu, keberadaan saka kalpataru ini Diharapkan mampu menjadi wadah anggota Pramuka yang peduli terhadap Lingkungan sekitar sesuai dengan Bunyi Dasa Dharma Ke Dua "Cinta Alam dan Kasih Sayang sesama Manusia".

Dengan dikukuhkan serta dilantiknya Saka Kalpataru Diharapkan Kegiatan Atau Aktifitas lingkungan hidup nantinya Akan terpusat dan berjalan bersama sesuai dengan rencana jangka panjang dan program kerja.

Diharapkan keberadaan Saka Kalpataru akan mudah diterima serta dapat memberikan Sumbangsih Karya Anak Bangsa dalam rangka penyelamatan Lingkungan Hidup. Para anggota Pramuka Saka Kalpataru Ini Akan menjadi Pioner untuk Membudayakan kesadaran akan peduli Lingkungan, Bagi Dirinya dan Masyarakat.

Dalam kegiatan Pengukuhan dan Pelantikan Mabisa serta Pimpinan Pengurus dihadiri oleh sedikitnya 99 Pramuka Penegak di wilayah Kabupaten Bojonegoro. (Wan/Red).

No comments:
Write comments