Friday, March 24, 2017

Maju Cabup Bojonegoro Harus Dapat Restu Pengurus Partai Politik Pusat

    Friday, March 24, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Sosok calon pemimpin Bojonegoro mulai bertebaran. Meski Pilkada Bojonegoro masih satu tahun lagi, hampir puluhan nama sudah mencuat dipublik. Tebar pesona melalui sosialisasi, blusukan, pasang foto banner mulai gencar dilakukan. Dinilai, hal tersebut merupakan langkah penjajakan awal, untuk memantabkan langkah selanjutnya.

Pengurus partai politik di Bojonegoro memang belum ada yang mendeklarasikan, siapa yang bakal diusung nanti untuk merebutkan kursi Bojonegoro satu. Partai politik atau gabungan partai politik jika bakal mengusung calon Bupati ataupun calon Wakil Bupati harus mendapat restu atau rekomemdasi resmi dari pengurus pusat masing-masing partai.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 9 tahun 2016 pasal 38 yang menyatakan bahwa Partai politik atau gabungan partai politik tingkat Provinsi mendaftarkan bakal pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur kepada KPU Provinsi/KIP Aceh dan partai politik atau gabungan partai politik tingkat Kabupaten/Kota mendaftarkan bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota kepada KPU KIP Kabupaten/Kota selam masa pendaftaran sebagaimana dimaksud pasal 37 ayat (3).

"Disertai surat keputusan pengurus partai politik tingkat pusat tentang persetujuan pasangan calon," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Bojonegoro, Abdim Munib. Kamis (23/3/17).

Meski belum ada sosok yang diusung oleh salah satu parpol atau gabungan parpol secara resmi untuk maju Pilkada Bojonegoro, tidak menutup kemungkinan sosok pemimpin Bojonegoro ada yang berangkat dari jalur independen.

Saat ini, berbagai gambar banner sosok yang dikabarkan maju dalam Pilkada Bojonegoro menghiasi seputaran jalan protokol Bojonegoro. Tidak sedikit pula yang masih melanggar Perda dalam pemasanganya.

Sempat mencuat nama-nama yang di kabarkan bakal maju dalam perhelatan Pilkada Bojonegoro nanti, seperti Mitro'atin, Kuswiyanto, Didik Mukrianto, Akmal Budianto, Anna Muawanah, Soehadi Mulyono, Setyo Hartono, Wardiono, Nurul Azizah, Tris Pinggiran, Heru Suroso, Puji Dewanto, Arief Januarso, Bambang Laras, Sukir. (Wan/Red).

Foto: Ilustrasi

No comments:
Write comments