Thursday, March 16, 2017

Mendadak Seluruh Anggota Polres Bojonegoro Berhamburan Ke Lapangan

    Thursday, March 16, 2017  

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com -  Suasana tenang di Mapolres Bojonegoro tiba tiba berubah menjadi Ramai, tampak Seluruh anggota Polres Bojonegoro mulai dari PNS, Bintara hingga Perwira berhamburan keluar dari ruangan dan berlarian menuju ke lapangan belakang Polres Bojonegoro setelah mendengar bunyi terompet Alarm PLB (panggilan luar biasa).

Anggota yang lain berkumpul di lapangan sementara anggota Sabhara yang merupakan pasukan elit Polres Bojonegoro bergegas menuju ruang logistik untuk mengambil persenjataan dan kembali ke titik kumpul yang dulunya sudah ditentukan apabila terjadi kejadian insidentil di Polres Bojonegoro.

Setelah seluruh anggota terkumpul ternyata situasi Mapolres masih dalam keadaan aman, dan tidak ada gangguan keamanan di Mapolres Bojonegoro,  akan tetapi ada pelatihan Panggilan Luar Biasa itu merupakan Program Pos Polah (polisi latihan) Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro yang di laksanakan setiap hari rabu. Rabu (15/03/2017) pukul 08.00 WIB.

Setelah para anggota berhamburan dengan cepat kemudian para anggota melaksanakan Apel PLB dipimpin oleh Kabagops yang selanjutnya melaporkan kesiapan kepada Kapolres Bojonegoro.

“Biasanya setiap Rabu kita latihan sesuai tugas pokoknya masing masing, untuk kali ini kita coba lakukan PLB, ini merupakan latihan untuk mengetahui kecepatan anggota berkumpul dengan cepat baik pada saat jam dinas maupun diluar jam dinas,” tutur Kabag Ops Kompol Teguh Santoso

Tidak terlalu lama anggota dapat dikumpulkan, dari hitungan waktu tercatat kurang lebih 1,5 menit anggota bisa berkumpul, hanya anggota Sat Intel yang datang ke lokasi cukup lama.

“Hanya Sat Intel yang datangnya agak telat, itu kita maklumi karena keberadaan mereka tidak harus ada di kantor,” imbuhnya.

Sementara itu Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro mengatakan bahwa, latihan itu dilakukan menyikapi berbagai dinamika perkembangan yang ada di masyarakat khususnya soal Kamtibmas. PLB itu dilakukan apabila terjadi kondisi darurat, misalnya terjadi penyerbuan terhadap Mapolres atau ada Polsek Jajaran yang membutuhkan bantuan dengan segera.

“Sengaja kita coba lakukan PLB supaya personel terbiasa dengan bergerak cepat dan mempunyai gambaran atau pedoman pola pengamanan Markas,” tutur AKBP Wahyu S Bintoro.

Dari hasil latihan PLB itu, Kapolres Bojonegoro menyampaikan ucapan terima kasih atas kesigapan personel yang dengan cepat dapat hadir di lapangan, dari pengecekan anggota yang di PLB hampir dapat dikatakan semuanya bergerak dengan cepat. (ney/lis)

No comments:
Write comments