Monday, March 20, 2017

PATTIRO Gelar Penyuluhan Anti Narkoba kepada Remaja Desa Mojodelik dan Manukan

    Monday, March 20, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi 

suarabojonegoro.com -  Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) PATTIRO Surakarta melakukan edukasi anti narkoba di Desa Mojodelik dan Desa Manukan Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro pada hari Minggu (19/3/17). Kegiatan yang didukung ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) tersebut dilakukan di dua tempat, pagi di balai Desa Mojodelik dan siangnya di balai Desa Manukan.

Puluhan remaja proaktif mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut dikemas secara menarik. Diawali dengan permainan kekompakan serta penyelesaian masalah secara berkelompok. Kemudian memberikan kuis-kuis tentang bahaya narkoba kepada remaja, serta dilanjutkan dengan nonton video dan diskusi.

Tohar Muchlasin, selaku Program Manager PATTIRO Surakarta menyampaikan bahwa konsep memadukan permainan, nonton bareng, kuis, dan diskusi tersebut diharapkan akan menarik minat mereka mengikuti acara ini dan memudahkan mereka memahami bahaya narkoba dengan ceria.

Kegiatan tersebut adalah salah satu rangkaian dalam rangka pembentukan PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja).

Tohar sapaan akrabnya menegaskan bahwa remaja adalah masa yang memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk sukses, namun juga rentan terhadap resiko negatif.

"Maka, kami mencoba menginisiasi adanya PIK Remaja di 12 desa se-kecamatan Gayam," kata pria kelahiran Sragen Jawa Tengah itu.

Remaja juga mendukung kegiatan tersebut. Mereka antusias dan proaktif mengikuti kegiatan tersebut. Siti Zumrotun, kordinator PIK-R Desa Mojodelik mengatakan, diharapkan usai mengikuti kegiatan ini remaja disekitar pengeboran lapangan minyak dan gas banyuurip blok cepu semakin memantabkan rencana dapan menatap masa depan yang lebih cerah.

"Harapan kami setelah adanya PIK Remaja ini, remaja bisa lebih kreatif, berkarakter, serta memiliki cita-cita dan berani merencanakan masa depan yang lebih baik," ungkap Zumrotun usai acara. (Wan/Lis).

No comments:
Write comments