Thursday, March 23, 2017

Pendidikan Politik Untuk Generasi Muda

    Thursday, March 23, 2017  

Reporter : --

suarabojonegoro.com -  Generasi muda harus melek politik meski tak berkecimpung dalam hal berbau politik, setidaknya mengetahui sedikit atau sekilas tentang politik. Hal ini disampaikan Bupati Bojonegoro Kang Yoto dihadapan peserta pendidikan politik bagi generasi muda. Acara yang berlangsung di Pendopo kecamatan Baureno ini menghadirkan beberapa narasumber mulai Nurcahyo dari salah satu LSM Graha Semesta Jogjakarta, ketua Karang Taruna Bojonegoro Donny Setiawan yang juga anggota DPRD dan narasumber dari Kepala Satuan Politik dan Kesatuan Bangsa.


Bupati mengharapkan agar seluruh pemuda di Bojonegoro tanggap dan mengetahui tentang politik, politisi harus mempunyai reputasi agar di cinta i oleh masyarakat. Kita punya tanggungjawab bahwa negara ini adalah amanah oleh Allah, jadi kita harus mengingatkan dan berani menyampaikan ketika ada sesuatu yang keluar dari aturan. kita tak boleh buta politik sehingga kita bisa berkiprah dalam panggung politik.meski tak aktif namun tau tentang politik.


Bupati menceritakan tentang kemiskinan dari masa ke masa di Bojonegoro bahwa tahun 1900 kemiskinan terhebat melanda wilayah Kanor dan Baureno. Apalagi daerah Bojonegoro dalam kajian geologi merupakan daerah yang dulunya adalah buih di lautan. Jaman Belanda dahulu ada aturan yang dibuat  oleh  pemerintah belanda dimana hutan adalah dikuasai oleh negara. Dikatakan Bupati bahwa berdasarkandirinya indeks yang di sampaikan BPS bahwa petani adalah mereka yang memiliki lahan 1/4 hektar.


Jalan sukses itu harus melalui karya dan senantiasa produktif, dicontohkan Bupati, banyak lifeskill yang membawa kearah kesuksesaan dimasa depan. Dicontohkan orang yang pintar membuat masakan bisa membuat warung, apapun.keahlian kita selama ada usaha dan berkarya maka akan meraih keberhasilan. Demikian pula dalam penganggaran pemerintah prioritaskan pembangunan yang ada kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Pemerintah harus menempatkan pada skala prioritas sesuai dengan kebutuhan rakyat. Kita ingin mewujudkan orang Bojonegoro yang produktif dan bisa memiliki daya beli. Mekanisme pembangunan kini mendengarkan aspirasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. kita saat ini terbuka baik aspirasi pemerintah, legislatif dan aspirasi dalam kegiatan pembangunan.


Bupati sangat berharap agar generasi muda memahami politik,karena politik itu adalah pilihan. Generasi muda harus berani mengusulkan dan berpendapat untuk.kemajuan wilayahnya. Mulailah aktif di politik tingkat desa.yakni dengan mulai aktif dan turut sert mencermati dan memperhatikan politik desa yang salah satunya penggunaan ADD.


Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun dilapangan bahwa kegiatan serupa dilaksanakan di tiga wilayah yakni wilayah selatan yang dipusatkan di Kecamatan Dander, wilayah timur dipusatkan di Kecamatan Baureno dan wilayah Barat akan digelar di Kecamatan Purwosari. Seluruh peserta adalah perwakilan karang taruna di masing masing desa , selain itu organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan serta pelajar. (rilis Humas Pemkab) 

No comments:
Write comments