Thursday, March 16, 2017

Pilot Project Sengon, Kuswiyanto dan Perhutani Apresiasi Kerjasama Masyarakat Hutan

    Thursday, March 16, 2017  

Reporter: Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com -  Sebanyak  65 Ha tanaman Sengon jenis Solomon telah tumbuh dan nampak menghijau rindang di wilayah Desa Bobol Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro.

Wilayah ini berada di Kawasan Pemangkuan Hutan(KPH) Saradan. Menurut Waka ADM Perhutani Madiun, Mada Yuwono bahwa pilot project Sengon ini berasal dari usulan masyarakat hutan yang ditindaklanjuti oleh Perhutani guna menciptakan gairah pemberdayaan ekonomi bagi warga kawasan hutan karena di beberapa wilayah ini menjanjikan.

"Kita terus berharap kepada semua elemen agar dapat tercipta regulasi yang saling menguntungkan antara Perhutani dan masyarakat, karena kita punya  kewajiban sosial dan tentu komersial sebagai BUMN," pintanya.

Kuswiyanto anggota DPR RI Dapil IX (Bojonegoro-Tuban) yang juga hadir bersama Komisi B DPRD Bojonegoro dalam agenda kunjungan tersebut sangat apresiatif. "Negeri ini harus dibangun terintegrasi, sehingga semua harus bersama-sama mensejahterakan masyarakat.

Pengembangan Sengon ini tentu sebagai usaha bersama untuk kemaslahatan, bisa untuk mengurangi bencana tahunan yang terjadi, memberdayakan masyarakat hutan karena pasar Sengon yang jelas, bahkan jika berhasil ini juga akan menciptakan kejayaan baru bagi Bojonegoro, sehingga saya sangat apresiatif," jelas Sahabat Kang Yoto ini.

"Kerjasama pengembangan Sengon ini berawal dari mimpi masyarakat Desa Dodol yang ingin mewujudkan kondisi masyarakat yang lebih baik dengan  potensi lahan perhutani yang luas untuk tanaman produktif yang bisa dinikmati masyarakat kawasan hutan meski dengan bagi hasil fifty-fifty," jelas Harinto, SH Kepala Desa Bobol, Kecamatan Sekar. (Lin/Lis)

No comments:
Write comments