Friday, March 3, 2017

Satu Ponpes di Bojonegoro Tutup, Kenapa?

    Friday, March 03, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Di wilayah Kabupaten Bojonegoro ada satu Pondok Pesantren yang tutup. Berbagai faktor yang melatar belakangi terjadinya tutupanya tempat mencari ilmu itu. Meskipun ada yang tutup, Kantor Kementrian Agama Bojonegoro mencatat, pendirian Ponpes baru di Bojonegoro setiap tahunya terhitung naik, semenjak 7 tahun terakhir, 2011-2017.

Informasi yang dihimpun suarabojonegoro.com menyebutkan, banyak faktor yang mempengaruhi tutupanya Ponpes di Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro tersebut.
"Ada satu di Baureno, tepatnya di Kauman. Faktornya banyak," kata Staf Seksi PD Pontren Kantor Kementrian Agama Bojonegoro,  Yasin, Jum'at (3/3/2017).

Yasin sapaan akrab pria yang sebelumnya menjabat di bagian Pais Kemenag Bojonegoro menjelaskan, sesuai laporan dari para anggota pengurus Ponpes terkait tutupnya Ponpes disekitar Desa Kauman Kecamatan Baureno itu menyebutkan, setelah ditinggal wafat oleh pengasuhnya (Pak Yai) berangsur-angsur ponpes tersebut mulai tutup.

"Ditambah banyak santri yang menetap sebelumnya pindah dan pulang, dan tidak ada lagi penerusnya," paparnya menjelaskan.

Ketika disinggung terkait nama dan lokasi Ponpes tersebut secara detail, Yasin belum bisa mengatakan hal itu, selain baru menjabat selama 2 bulan di bagian PD Pontren, ia juga mengaku masih banyak yang harus ia sesuaikan ditempat barunya itu.

"Kalau nama dan lokasinya secara detail belum tahu saya, coba nanti saya cari datanya," ujarnya. (Wan/Red).

No comments:
Write comments