Tuesday, March 14, 2017

Sekdes PNS Bisa Saja Ditarik oleh Pemerintah Kabupaten

    Tuesday, March 14, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Kabupaten Bojonegoro, Djumari saat mengikuti acara dengar pendapat (Hearing) bersama Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro mengatakan bahwa Sekretaris Desa (Sekdes) yang statusnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa saja ditarik oleh Pemerintah Kabupaten, tentunya atas kewenangan Bupati Bojonegoro.

Menurut Djumari, Bupati Bojonegoro mempunyai kewenangan untuk menarik Sekdes yang statusnya PNS, jika hal tersebut dibutuhkan atau atas usulan dari Kepala Desa.

"Tidak bisa Sekretaris Desa (PNS) kukuh di desa. Sewaktu-waktu jika Bupati butuh dan kalau kepala desa usul pasti ditarik oleh bupati," katanya dihadapan peserta hearing. Selasa (14/3/17).

Dengar pendapat tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Bagian hukum Pemkab Bojonegoro, Bagian Pemerintahan DPMD Bojonegoro, Asosiasi Kepala Desa (AKD) Bojonegoro, perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bojonegoro, perwakilan Asosiasi Sekretaris Desa (Sekdes) Bojonegoro.

Dalam hearing tersebut juga dibahas terkait dengan posisi dan kondisi Bumdes di Bojonegoro, juga terkait Perda pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa. (Wan/Red).

No comments:
Write comments