Friday, March 10, 2017

Selama 3 Tahun, Disperta Bojonegoro Bagikan 98.050 Bibit Jambu Kristal

    Friday, March 10, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Selama tiga tahun berturut-turut Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro telah membagikan puluhan ribu bibit jambu biji jenis kristal ke seluruh wilayah Bojonegoro. Hal tersebut tentunya dalam rangka menopang kebutuhan buah-buahan dan pemberdayaan masyarakat Bojonegoro disektor pertanian.

Data dari Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro menyebutkan, pengadaan dan pembagian jambu jenis kristal dimulai sejak tahun 2014. Tercatat, ada 38.050 bibit yang dibagikan kepada kelompok tani ditahun 2014, kemudian 40.000 bibit ditahun 2015 dan ada 20.000 bibit ditahun 2016.

Bagian SDM Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Djoko PW mengatakan, pembagian tersebut sebelumnya telah melalui verifikasi berkas atas ajuan dari kelompok tani. Melalui kelompok, diharapkan bibit-bibit tersebut agar dikelola secara maksimal.

"Semua melalui kelompok, mekanismenya, berkas pengajuan di verifikasi dulu, layak apakah tidak untuk dikembangakan di daerah tersebut," katanya. Jum'at (10/3/17).

Persebaran wilayah pembagian bibit-bibit tersebut hampir setiap tahunya selau berubah. Pada tahun 2014 Disperta membagikan di wilayah Kecamatan Baureno, Kepohbaru, Kedungadem, Sumberrejo, dan Trucuk. Kemudian, pada tahun 2015 di Wilayah Kecamatan Kanor, Sugihwaras, Balen Kapas, Gayam, Malo, Trucuk, Kedewan, Bojonegoro kota.

Terakhir pada tahun 2016 dibagikan di wilayah Kecamatan Balen, Kanor, Baureno, Kepohbaru dan Kedungadem.

Disinggung terkait apakah ada lokasi untuk dijadikan pengembangan agrowisata jambu kristal, selama ini menurutnya daerah Trucuk sangat berpotensi dijadikan agrowisata jambu kristal. "Tersebar di Trucuk, ada di Desa Padang, Mori dan lainya, itu sangat berpotensi dijadikan agrowisata," katanya. (Wan/Red).

No comments:
Write comments