Saturday, March 11, 2017

Tiga Pelaku Pencurian Diringkus Polisi Setelah Ada Laporan Melalui Aplikasi CAS

    Saturday, March 11, 2017  

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com -  Berkat adanya aplikasi CAS (Crime Alarm Sistem) yang dimiliki oleh Polres Bojonegoro, 3 orang pelaku pencurian dengan pemberatan dalam sejenak dapat diamankan. Tak kurang dari dari 1 jam, berkat kesigapan anggota melaporkan di aplikasi CAS serta respon cepat anggota jajaran memonitor di aplikasi CAS pelaku dapat diamankan.

Ketiga pelaku yang dapat diamankan adalah MK (41) warga Desa Candirejo Kecamatan Loceret Kabupaten Ngajuk, SS (35) yang juga warga Desa Candirejo Kecamatan Lohceret Kabupaten Ngajuk. Serta MS (34) warga Desa Lalen Kecamatan Kedung Pring Kabupaten Lamongan, sedangkan korban bernama MS (19) seorang karyawan toko yang bertempat tinggal di Dukuh Sugeh Desa Malo Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro.

Menurut keterangan Kapolsek Kalitidu, kejadian bermula saat korban berada di dalam toko baju “Andika Makmur” tempat kerjanya, kemudian datang sebuah mobil honda mobilio warna putih parkir di depan toko kemudian turun dua pelaku MK dan SS yang merupakan istrinya masuk ke dalam toko berpura-pura akan membeli pakaian. Namun, sewaktu melihat 2 buah hand phone samsung Galaxy V warna hitam dan lenovo A1000 warna hitam milik korban sedang di carge di atas etalase dekat meja kasir, kemudian pelaku SS mengalihkan perhatian penjaga toko dengan cara meminta baju-baju yg ada di dalam dan pada saat korban lengah pelaku MK langsung mengambil dua buah HP milik korban tersebut.

“Modus pelaku perpura-pura sebagai pembeli, namun saat penjaga toko lengah pelaku langsung mengambil HP milik korban”, terang Kapolsek

Setelah kedua pelaku berhasil melancarkan aksinya, kedua pelaku langsung keluar bersama sama dengan pelaku SS dan pelaku SS tidak jadi membeli baju. Sementara itu, pelaku lain yaitu MS yang bertugas sebagai driver sudah menunggu kedua pelaku diluar toko dan langsung melarikan diri, setelah korban mengetahui HP miliknya hilang korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke polsek Kalitidu.

Setelah mendapatkan laporan dari korban, anggota yang menerima laporan korban yaitu Bripka Bima Gayuh langsung melaporkan kejadian tersebut di aplikasi CAS dengan menuliskan semua ciri-ciri pelaku saat korban memberikan keterangan saat membuat laporan. Setelah tidak kurang dari 5 menit seluruh anggota yang sudah memiliki aplikasi CAS di dalam HPnya langsung merespon laporan anggota Polsek Kalitidu tersebut dan seluruh Kapolsek jajaran langsung melakukan razia kendaraan di depan Mako Polsek masing-masing.

Saat diketahui mobil milik pelaku sedang melintas di dekat Polsek Ngraho, anggota Polsek Ngraho langsung menghentikan mobil tersebut dan kemudian amankan di Mapolsek Ngraho. Setelah mengamankan pelaku, kemudian anggota Polsek Ngraho menghubungi ke Polsek Kalitidu. Saat anggota Polsek Kalitidu di Polsek Ngraho langsung melakukan pengeledahan dan bersil menemukan barang bukti 2 buah HP tersebut yang di sembunyikan di bawah pot bungga di depan kantor polsek Ngraho.

“Setelah di interograsi tersangka mengakui kalau yang mengambil HP tersebut adalah para pelaku dan selanjutnya tersangka dan barang bukti di amankan ke Polsek Kalitidu untuk proses lebih lanjut”, imbuh Kapolsek.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro, SH., SIK., M.Si saat menerima laporan atas keberhasilan anggota dilapangan dengan memanfaatkan aplikasi CAS sangat mengapresiasi kinerja para anggotanya dilapangan yang dengan sigap merespon serta memonitor laporan yang telah di aploud melalui aplikasi CAS.

“Berkat anggota melaporkan kejadian melalui aplikasi CAS, tak kurang dari 5 menit seluruh jajaran langsung merespon dan langsung mengadakan razia yang kemudian dalam satu jam dapat menangkap para pelaku”, ungkap Kapolres.

Selain itu juga, kepada masyarakat Kapolres juga mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Bojonegoro untuk segera mengunduh aplikasi CAS di play store, apabila terjadi tindak kejahatan di lingkungannya dapat segera melaporkan kejadian tersebut hanya melalui HP masing-masing di aplikasi CAS tidak perlu datang ke kantor Polisi.

“Kepada masyarakat, segeralah mengunduh aplikasi CAS di play store apabila terjadi kejahatan di lingkungan masing-masing cukup melalui CAS dan tidak harus datang ke kantor Polisi”, pesan Kapolres. (ney/lis)

No comments:
Write comments