Tuesday, April 11, 2017

Ada Empat Ruang Rumah Pintar Pemilu "Kayangan Api"

    Tuesday, April 11, 2017  

Reporter : Bima Rahmat

suarabojonegoro.com -  Rumah Pintar Pemilu selanjutnya disebut RPP merupakan fasilitas pendidikan pemilu yang dirancang sebagai pusat edukasi kep3miluan untuk masyarakat. Diharapkan dengan adanya Rumah Pintar Pemilu (RPP) ini dapat membabtu masyarakat dengan mudah memahami mekanisme kepemiluan. Diharapkan pula dengan desain yang elegan dapat menjadi detinasi wisata yang menyenagkan bagi masyarakat dalam berpartisipasi aktif dalam kegiatan kepemiluan. Selasa (11/04/17).

Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Bojonegoro dibangun pada lahan ukuran 10×20 meter persegi terintegral dengan Kantor Utama KPU Kabupaten Bojonegoro dengan fasilitas meliputi r
uang display, ruang audio visual, tempat diskusi, media center, ruang PPID, perpustakaan, maket pungutan serta sejumlah informasi lainnya yang menarik untuk dinikmati/ dipelajari.

Adapun dalam Rumah Pintar Pemilu tersebut terdiri empat ruang yakni

1. Ruqng Simulasi TPS
Ruang Simulasi TPS merupakan ruangan yang menampilkan sistem pemungutan suara di TPS melalui diaplay kotak dan surat suara, serta denah TPS dan alur pemungutan.
2. Ruang Display dan Audio Visual
Ruangan ini terdiri dari hasil rekaman audio visual tentang sejarah pemilu, mars pemilu, sosialisasi pemilu dan hasil-hasil pemilu
3. Ruang Diskusi Media Center
Ruangan ini dipergunakan untuk kegiatan diskusi pemilu dan sekaligus sebagai ruangan konfrensi pers KPU Kabupaten Bojonegoro.
4. Mini Library
Kumpulan buku-buku tentang kepemiluan bisa dibaca di perpustakaan mini ini, mulai dari buku dokumentasi pemilihan Bupati tahjn 2007, pemilihan Bupati tahun 2012, pemilu tahun 2014 serta hasil-hasil kajian pemilu dari berbagai sumber.

Adapun Eko Anggoro selaku Ketua KPU Provinsi Jawa Timur dalam Konfrensi pers menyatakan bahwa diharapkan dengan adanya Rumah Pintar Pemilu ini akan mampu menjadi Rumah belajar bagi Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat tentang pentingnya Demokrasi dan Pemilu.

"Kami berharap dengan adanya Rumah Pintar Pemilu ini akan mampu menjadi Rumah belajar bagi para Pelajar, Mahasiswa, dan Masyarakat tentang pentingnya Demokrasi dan Kepemiluan", pungkasnya. (Bim/red)

No comments:
Write comments