Friday, April 28, 2017

Awas... ! Wereng Cokelat Mulai Menyerang Tanaman Padi di Wilayah Ngraho

    Friday, April 28, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Diakhir bulan April 2017, petani di wilayah Kecamatan Ngraho disibukan dengan adanya serangan hama wereng cokelat yang menyerang tanaman padi milik petani setempat. Pasalnya, cuaca yang tak menentu menjadi salah satu faktor munculnya hama yang juga biasa disebut wereng batang cokelat itu.

Kabid Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Zainal Fanani mengatakan, di daerah Ngraho wereng cokelat sudah mulai menyebar dan menyerang padi. Ada dua desa yang terserang.

"Populasi wereng batang coklat telah menetas di Desa Bancer, dan Klempun Kecamatan Ngraho," katanya.

Pihaknya berpesan kepada petani di seluruh wilayah Bojonegoro yang saat ini sedang tanam padi agar mengantisipasi adanya penyebaran wereng cokelat tersebut dengan melakukan penyemprotan sejak dini memakai obat insektisida atau obat padi jenis lainya, yang diperuntukan untuk hama tersebut.

"Agar teman-teman petani waspada, segera kendalikan dengan beauveria, applaud 10wp, sancarb 500ec atau insektisida lain yang dianjurkan untuk wereng batang coklat," pesanya.

Disinggung terkait penyebaranya, ia mengatakan, wereng cokelat ada dua jenis. Ada mempunyai sayap dan ada yang tidak. Kalau yang memiliki sayap otomatis bisa menyebar ke daerah lain.

"Kalau yang bersayap bisa kemana-mana," imbuhnya.

Wereng coklat yang memiliki nama latin Nilaparvata lugens itu merupakan salah satu hama padi yang paling berbahaya dan merugikan. Serangga kecil ini menghisap cairan tumbuhan dan sekaligus juga menyebarkan beberapa virus. terutama reovirus, yang menyebabkan penyakit tungro. (wan/red).

No comments:
Write comments