Sunday, April 9, 2017

Babinsa Koramil Malo dan Kapas Turun Ke Sawah, Wujudkan Swasembada dan Ketahanan Pangan

    Sunday, April 09, 2017  

Reporter : Lina Nur Hidayah


suarabojonegoro.com -  Kehadiran Bintara Pembina Desa (Babinsa) sangat dirasakan oleh warga, khususnya bagi para petani di Desa Malo, Kecamatan Malo. Pasalnya setiap kali panen padi, petani selalu dibantu oleh anggota Koramil 20/Malo Kodim 0813 Bojonegoro.

“Hal ini merupakan program pendampingan kepada petani, dalam mensukseskan program pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan nasioanal,” demikian diungkapkan oleh Danramil 0813-20/Malo Kapten Arh Eeng Mamuro, Sabtu (08/4/2017).

Ia menambahkan, pendampingan anggota Babinsa Koramil Malo kepada petani diwilayah binaannya tersebut dilakukan agar pertanian tumbuh dengan baik. Dengan kemampuan yang ada, mereka menerapkan kepada petani. Sehingga, hasil petani pun melimpah.

“Program pendampingan para Babinsa yang terjun langsung kelapangan untuk membantu para petani, yaitu dengan cara menggandeng PPL memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani, mengawal subsidi pemerintah baik bibit maupun pupuk agar tepat sasaran sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. Dengan kerja sama yang sinergis Babinsa dengan dinas-dinas terkait, terbukti dapat meningkatkan hasil petani khususnya padi, jagung dan kedelai,” tandasnya.

Sementara itu,  Kedekatan antara TNI dengan rakyat juga nampak terlihat, seperti halnya suasana erat, hangat dan penuh kekeluargaan yang ditunjukkan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0813-02/Kapas dengan petani Desa Bendo saat berjibaku melakukan tanam padi, diwilayah binaanya, Minggu (09/4/2017).

Tidak canggung-canggung, anggota dengan berpakaian dinasnya mendampingi para petani terjun ke sawah membantu para petani menanam padi diarea pertanian Desa Bendo, Kecamatan Kapas.

“Hal ini ditujukan untuk memberikan dorongan kepada petani guna mengadakan peningkatan hasil panen padi dengan cara menambah, memperluas lahan,” demikian disampaikan Danramil 0813-02/Kapas Kapten Cba Jos Ari.

Menurutnya, perluasan lahan sawah tersebut merupakan salah satu langkah strategis dalam mendukung program pemerintah untuk mensukseskan swasembada pangan nasional.

“Selain upaya untuk mensupport petani, juga untuk mendukung dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional,” pungkasnya.(Lin/Lis)

No comments:
Write comments