Saturday, April 29, 2017

Banyak Guru PAUD Yang Belum Paham Keinginan Anak-Anak

    Saturday, April 29, 2017  

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com -  Disampaikan oleh, Direktur pembinaan PAUD R. Ella Yulaelawati R., M. A., Ph.D bahwa kelak nanti anak-anak yang dapat membangun bangsa menjadi lebih baik. Namun hal tersebut banyak memiliki kendala diantaranya adalah dari jumlah sekitar 600 ribu guru paud hanya 300 ribu yang sarjana dan 70%nya merupakan sarjana PAUD.

"Banyak guru PAUD yang tidak atau belum bisa memahami apa yang dibutuhkan oleh anak-anak, karena guru PAUD tersebut berasal dari berbagai disiplin ilmu," Tambahnya.
Seharusnya para guru tersebut harus mengikuti diklat sebelum mengajar di PAUD. Sehingga nanti kedepannya dapat memiliki kompetensi yang baik.

"Saya teringat akan perkataan guru PAUD disuatu daerah bahwa dalam mengajar PAUD itu harus SATU JUTA DUA RATUS yang artinya Sabar Tulus Jujur Tabah Dua Rajin Terus Menerus. Itu artinya kita mengajar anak PAUD tersebut harus dengan ketulusan dan kesabaran agar bisa membuat anak berkembang dan berpikiran maju kedepan," Terang Ella.

Dia juga menyampaikan bahwa usia 0-5 tahun merupakan usia emas. Pada usia tersebut harus di isi dengan hal-hal positif, apa yang diberikan pada usia tersebut merupakan usia rentan. Seperti yang disampaikan Ella di Pendopo Pemkab Bojonegoro Jum'at (28/4/17) saat Sosialisasi Penuntasan Ikut Paud Satu Tahun Pra SD.

Menurut Ella, Karena apabila diisi dengan hal positif akan jadi positiv, apabila diisi dengan negatif maka akan menjadi negatif. Memberikan pendidikan anak merupakan bekal pembangunan bangsa.

"jika berpikir 50 tahun kedepan tanamlah pohon, jika berpikir 100 tahun kedepan tanamlah pendidikan anak-anak sejak dini," Jelasnya.

Ella juga menjelaskan PAUD harusnya sebagai investasi bukan sebagai politik anggaran, karena akan tidak sesuai jika dianggap sebagai politik anggaran. Karena apabila dianggap politik anggaran hanya akan berfokus pada pembangunan fisik dan kegiatan bukan berfokus pada kegiatan yang dapat membangun mental dan karakter anak-anak yang tangguh dan berpikiran maju kedepan.

Dalam kesempatan itu, Direktur pembinaan PAUD meresmikan sosialisasi Penuntasan Ikut PAUD satu tahun pra SD. Serta pemberian bantuan dari direktorat pendidikan PAUD sebesar 365 juta rupiah kepada PAUD di Bojonegoro. (ang/lis)

No comments:
Write comments