Thursday, April 27, 2017

Batik Poetra Dolokgede, Binaan Ademos Ikuti pameran INACRAFT 2017 di Jakarta

    Thursday, April 27, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi 

suarabojonegoro.com -  Rumah produksi batik binaan Ademos, Batik Poetra Dolokgede, mengikuti pameran The 19th Jakarta International Handicraft Trade Fair, INACRAFT 2017, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan produsen Handicarft Indonesia (ASEPHI) di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), rabu-minggu, (26-30/04/2017).

Pameran yang sudah terselenggara sejak 1999 dan dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, ini merupakan salah satu gelaran spektakuler dari para pakar perajin tanah air dimana menampilkan kualitas dan kuantitas produk yang begitu eksklusif dan mempesona, sesuai dengan ciri khas daerah baik fashion, perhiasan, dan handicraft.

Pemilik Batik Poetra Dolokgede, Lukdianto, mengatakan pameran ini berbeda dengan pameran-pameran yang telah dilakukan Batik Poetra Dolokgede karena pameran ini levelnya sudah mancapai level nasional dan gaungnya hingga ke mancanegara.

"Disini saya merasa bangga dapat berkumpul dengan perajin dan pelaku industri kreatif se-Indonesia," ujarnya.

Pengunjungnya, lanjutnya, tidak hanya dari Indonesia tetapi turis mancanegara juga banyak yang mengunjungi pameran ini.

"Saya jadi punya pengalaman baru berinteraksi dengan mereka (turis manca negara)," imbuhnya.

Dalam pamerannya ini, Batik Poetra Dolokgede difasilitasi oleh Bank BNI. Pemimpin BNI Bojonegoro, Rachmat Mudji Widodo, menuturkan hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan komitmen BNI dalam mengembangkan industris kreatif khususnya di Bojonegoro.

"Seperti Lukdianto ini, sosok pengusaha muda yang luar biasa. Memulai usaha pada usia yang sangat muda dan mempunyai kepedulian sosial yang tinggi dengan juga mengajarkan produksi batik kepada masyarakat sekitar. Beliau juga sering mengupgrade diri dengan mengikuti pelatihan dan pameran," jelasnya.

Saat pertama berkunjung ke rumah produksi Batik Poetra Dolokgede, lanjut Rachmat, saya tidak mengira jika pemilik usaha batik ini masih sangat muda.

"Motif batik produksi Poetra Dolokgede banyak inovasi dan menggunakan pewarna alami," pungkasnya. (wan/lis).

No comments:
Write comments