Saturday, April 29, 2017

Binter Danposramil Margomulyo, Dikemas Dalam Tradisi Nyadran Guna Leatarika Budaya Daerah

    Saturday, April 29, 2017  

Reporter Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com -  Bertempat di Dusun Pucang Anom dan Dusun Kunir,  Desa Meduri,  Kecamatan Margomulyo pada hari ini Jumat (28/4/2017) Danposramil 0813-15/Margomulyo melaksanakan pembinaan teritorial (Binter)  diwilayah binaan yang dikemas dalam tradisi Nyadran (Sedekah Bumi).

Tradisi sedekah bumi dilaksanakan guna melestarikan tradisi jawa secara turun temurun kepada masyarakat agar keberadaannya tetap terjaga meskipun di zaman modern.

Acara tersebut diprakarsai oleh Kepala Dusun setempat yang melibatkan desa yang digabungkan dengan giat nyadran di dua dusun kecamatan Margomulyo.

Seperti yang disampaikan oleh Danposramil 0813-15/ Margomulyo, Pelda Lalu Zaenal Arifin bahwa giat nyadran dimulai pukul 09.00 dengan pembukaan nyadran dari sesepuh desa.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh kasun Pucang Anom pada pukul 09.30 Wib. Dilanjutkan dengan sambutan Kepala desa Meduri dan Danposramil Margomulyo.
Pelda Lalu Zaenal Arifin,  Danposramil 0813-15/Margomulyo dalam sambutanya menyampaikan terkait informasi giat TMMD yang akan dilaksanakan di desa Meduri,  Dusun Kunir dan Pucang Anom.Jumat (28/4/17).

“Giat TMMD akan dilaksanakan di desa Meduri,  Dusun Kunir dan Pucang Anom sehingga kepada seluruh masyarakat diharapkan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam giat nanti, “Ungkapnya.

Sementara,  Danposramil juga turut menjadi Khotib dimasjid Pucang anom dengan mengangkat tema “ tentang Manusia menggantungkan pengharapan hanya pada Allah swt bukan terhadap yang lain.”
Kegiatan ini juga dihadiri kades Meduri,  Anggota Posramil Margomulyo,  Kasun Meduri dan Pucang anom,  RT dan RW  serta seluruh warga dan berlangsung hingga pukul 13.30 Wib. (Lin/Red)

No comments:
Write comments