Wednesday, April 19, 2017

Dua Warga Di Baureno Geger, Gara Gara Sampah

    Wednesday, April 19, 2017  

Reporter : Nella Rachma


suarabojonegoro.com -  Bertempat di Balai Desa Drajat Kecamatan Baureno, Pada hari Selasa (18/04/2017) pagi tadi, sekira pukul 10.00 WIB Pemerintah Desa (Pemdes) Drajat yaitu Kepala Desa Drajad dan perangkatnya Baureno bersama 2 anggota Polsek Baureno yaitu Aiptu Bambang Suryo bersama satu anggota jaga lainnya, Ketua RT 16, Ketua RW 05, Ketua BPD serta Ka Satpol PP Kecamatan Baureno melakukan mediasi antara dua orang yang masih terikat keluarga dan bertetangga sedang berseteru dikarena adanya sampah limbah rumah tangga milik terlapor yang dibuang sembarangan di sawah milik pelapor yang terletak di RT 16 RW 05 Dusun Mantup Desa Drajat Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro yang merasa tercemari karena limbah sampah tersebut

Adapun identitas kedua tetangga berseteru tersebut adalah Ridwan (54) selaku pelapor dan Yusuf (50) selaku terlapor, keduanya warga RT 16 RW 05 Dusun Mantup Desa Drajat Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro.

Setelah dilakukan mediasi, keduanya sepakat berdamai dengan mengikuti segala saran dan hasil dari mediasi tersebut. Adapun hasil mediasi tersebut adalah kedua belah pihak tidak akan membesarkan masalah ini lagi dikarenakan masih ada hubungan keluarga serta keduanya menandatangani surat pernyataan damai diatas kertas yang bermaterai.

"Keduanya sepakat untuk menandatangi surat damai disertai materai", ucap Ka SPK A Aiptu Bambang Suryo.

Sebagai pihak pelapor, Ridwan yang masih belum memiliki sertifikat resmi atas kepemilikan sawahnya oleh pihak Pemmdes menyarankan untuk mengurus serifikat sawah miliknya ke BPN agar jelas batas-batas sawah miliknya. Sedangkan Yusuf selaku terlapor oleh Pemdes disarankan agar tidak mengulangi perbuatannya dengan membuang sampah seperti pembalut, plastik maupun air comberan ke sawah milik Ridwan.

Sementara itu, Kepala Desa Drajat selaku Pemimpin Pemerintah Desa berjanji akan membuatkan drainase pada tahun 2018 dengan menggunakan APBDes untuk aliran air, sehingga sampah maupun limbah tidak menumpuk di sawah milik warga. Setelah keduanya sepakat berdamai dan menandatangani surat penyataan damai, mediasi berakhir sekira pukul 12.00 WIB dengan aman, tertib dan lancar. (ney/lis)

No comments:
Write comments